Pra-Popnas 2022, Atlet asal Sumut Disiapkan untuk Bertanding
Atlet pelajar yang mengikuti seleksi untuk menghadapi Pra Popnas 2022 (ANTARA/Juraidi)

Bagikan:

MEDAN - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara menyiapkan atlet pelajar guna menghadapi Pra-Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang menurut rencana digelar Oktober 2022.

Fungsional Perencanaan Pembudayaan Olahraga Dispora Sumut, Johan Erik Purba di Medan, Selasa, mengatakan, untuk persiapan menghadapi Pra-Popnas tersebut pihaknya telah menggelar seleksi untuk delapan cabang olahraga.

Beberapa cabang olahraga Pra-Popnas 2022

Cabang-cabang olahraga itu adalah tinju, pencak silat, sepak takraw, bola basket, sepak bola, tenis, bola voli dan bulu tangkis. Seleksi untuk delapan cabang olahraga tersebut diikuti 646 atlet dari kabupaten dan kota se-Sumatera Utara.

Tujuan seleksi tersebut digelar untuk menjaring atlet pelajar yang memiliki talenta dari kabupaten dan kota se-Sumut. Juga untuk mendapatkan atlet pelajar yang berpotensi, berdedikasi dan berbakat untuk mengikuti Pra Popnas tahun 2022 di Jakarta.

"Total atlet pelajar yang mengikuti seleksi dari delapan cabang olahraga itu adalah 645 atlet. Semua proses seleksi diserahkan sepenuhnya kepada tim talent scouting tiap cabang olahraga," katanya.

Sebelumnya Kadispora Sumut Ir Ardan Noor mengatakan, pihaknya menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan seleksi pada delapan cabang olahraga pelajar tersebut.

Dimana tujuan utama kegiatan tersebut adalah untuk menjaring atlet-atlet pelajar terbaik se-Sumatera Utara yang nantinya akan mengikuti Pra-Popnas 2022.

Ia mengatakan, untuk menjadi atlet berprestasi memerlukan waktu yang cukup panjang karena mereka tidak akan lahir tanpa adanya pembinaan yang dilakukan secara berjenjang dan berkesinambungan.

Oleh sebab itu, dia mengatakan, membina atlet merupakan tanggungjawab semua pihak melalui tahapan seleksi dan diharapkan nantinya terjaring atlet pelajar potensial yang akan menjadi duta Sumut Pra-Popnas Wilayah 1 Sumatera tahun 2022.

Selain Pra-Popnas 2022, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!