Belanja Online? Berikut Cara Cek Ongkir dengan WhatsApp
Cek Ongkir Bisa Dilakukan Menggunakan WhatsApp, Begini Cara Melakukannya (Selly Mobile Apps)

Bagikan:

MEDAN - Pada masa pandemi COVID-19 ini belanja online adalah kebiasaan baru yang sering dilakukan masyarakat. Banyak yang kemudian memanfaatkan momen tersebut dengan menjadi reseller dan menjualnya ke toko online.

Namun ketika ingin melihat biaya ongkos kirim (Ongkir), penjual biasanya harus membuka dua jendela di ponsel mereka. Namun kini Anda tidak perlu khawatir, karena WhatsApp saat ini memungkinkan pengguna untuk memasang aplikasi pihak ketiga yang dapat menunjukkan daftar ongkir dengan mudah, yakni aplikasi Selly.

Aplikasi Selly di WhatsApp untuk Pantai Ongkos Kirim

Untuk memasang aplikasi Selly dan mengintegrasikannya dengan WhatsApp, tim VOI telah menyiapkan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan di bawah ini.

Cek Ongkir Menggunakan WhatsApp

  1. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Selly di Play Store dan instal di perangkat Anda.
  2. Selanjutnya, Anda dapat membuka aplikasi tersebut dan buat akun baru menggunakan email dan isi formulir yang diminta, kemudian lakukan verifikasi.
  3. Setelah proses verifikasi selesai, Anda dapat login menggunakan email dan password yang Anda buat sebelumnya. Pengguna akan masuk ke halaman utama Selly, dan melihat daftar fitur yang dapat Anda gunakan.
  4. Untuk bisa melakukan cek ongkir menggunakan WhatsApp, masuk ke menu pengaturan keyboard ponsel Anda, kemudian aktifkan Keyboard Selly, dengan memilih menu "Selly" pada pengaturan keyboard.
  5. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Pada bagian atas tampilan keyboard Anda terdapat ikon baru yakni "Membuat Tagihan", "Cek Ongkir", "Auto Text", dan "Pending".
  6. Anda dapat memilih menu Cek Ongkir pada tampilan keyboard tersebut, dan pilih ikon Maps untuk memasukkan lokasi pengiriman. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan alamat penerima barang.
  7. Setelah memasukkan alamat pengirim dan penerima, klik "Selesai", dan Anda dapat melihat biaya ongkir dengan klik ikon "Cek Ongkir". Anda akan diperlihatkan biaya ongkir yang harus dibayarkan berikut dengan jasa ekspedisi yang digunakan.
  8. Selanjutnya, centang nama ekspedisi yang Anda gunakan dan secara otomatis akan disalin menjadi teks yang berisi detail pembayaran ongkir. Anda pun dapat mengirimkannya kepada pelanggan.
  9. Demikianlah cara melakukaan cek ongkir dengan mudah melalui aplikasi WhatsApp dengan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk mempermudah Anda mengecek ongkir saat mengirim barang.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Cek Ongkir Bisa Dilakukan Menggunakan WhatsApp, Begini Cara Melakukannya

Selain Cara Cek Ongkir dengan WhatsApp, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!