Perbandingan WhatsApp Web dengan WhatsApp Desktop, Mana yang Lebih Baik?
Cara akses WhatsApp Web dapat dilakukan lewat browser di komputer. (foto; dok. unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Memang WhatsApp adalah platform berkirim pesan secara instan paling populer. Para pengembang aplikasi ini juga terus berinovasi agar memastikan penggunanya tidak berpindah ke aplikasi lain.

Kini tercatat ada sekitar 2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Kemudian, WhatsApp tidak hanya tersedia untuk aplikasi ponsel, namun juga dapat diakses melalui komputer. Saat pengguna memakai komputer, maka WhatsApp bisa diakses sekaligus tanpa harus membuka ponsel.

Agar dapat mengakses WhatsApp Web dan desktop juga punya kemiripan, yakni dengan menautkan akun WhatsApp yang ada di ponsel pada dua versi platform tersebut. Meski terlihat mirip, sebenarnya apa perbedaan antara WhatsApp Web dan Desktop.

Apa Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop?

Perbedaan utama WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop adalah format atau bentuk platform-nya. WhatsApp Web merupakan WhatsApp yang dibangun dengan format berbasis situs Web.

“Sementara WhatsApp Desktop, adalah WhatsApp yang memiliki format berbasis program aplikasi untuk komputer. Perbedaan kedua format tersebut otomatis membuat cara mengaksesnya juga berbeda,” demikian informasi yang dirangkum dari situs resmi WhatsApp.

Cara akses WhatsApp Web dapat dilakukan lewat browser di komputer. Kemudian, pengguna bisa membuka aplikasi browser untuk menuju ke laman https://web.whatsapp.com.

Lalu, pengguna menautkan akun WhatsApp di ponsel ke laman tersebut, dengan membuka WhatsApp di ponsel, klik menu Pengaturan, pilih opsi Perangkat Tertaut dan klik “Tautkan Perangkat”.

Selanjutnya, arahkan kamera ponsel yang terbuka untuk memindai kode QR yang berada di laman WhatsApp Web. Tunggu beberapa detik hingga akun sukses login ke WhatsApp Web.

Sebaliknya, akses WhatsApp Desktop memerlukan pengunduhan aplikasi. Anda bisa mengunduh aplikasi WhatsApp Desktop melalui situs resmi WhatsApp.

Namun pastikan aplikasinya telah sesuai dengan sistem operasi komputer Anda. Jika berhasil terunduh, pasang aplikasi WhatsApp Dekstop sesuai berdasarkan petunjuk pada masing-masing komputer.

Untuk memulai akses WhatsApp Desktop, Anda hanya harus menautkan akun WhatsApp di ponsel ke aplikasi tersebut. Cara menautkannya pun sama seperti yang ada di WhatsApp Web.

Pengguna cukup memindai kode QR yang muncul di WhatsApp Desktop menggunakan kamera ponsel di aplikasi WhatsApp ponsel. Lalu, tunggu beberapa saat hingga akun berhasil login.

Perbedaan berikutnya terletak di kemampuan memperkecil tampilan halaman platform. WhatsApp Web yang diakses lewat browser tidak memiliki fitur Minimize. Sementara, WhatsApp Desktop memiliki fitur Minimize.

Lalu, perbedaan paling penting adalah WhatsApp Web tidak dibekali kedua fitur tersebut. Sebaliknya, WhatsApp Desktop telah mendapat pembaruan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dan telepon.

Kesimpulan, Pilih Web atau Desktop?

Berdasarkan uraian di atas, maka WhatsApp Desktop memiliki keunggulan ketimbang WhatsApp Web. Yakni dengan adanya fitur panggilan video dan telepon. Meski demikian, hal tersebut tidak serta merta membuat WhatsApp Desktop menjadi pilihan yang terbaik. Sebab, WhatsApp Desktop punya syarat minimal yang harus dipenuhi oleh komputer pengguna.

“Platform WhatsApp Desktop hanya bisa digunakan pada perangkat komputer yang minimal mampu menjalankan minimal versi sistem operasi Windows 8.1 dan lebih baru atau Mac OS 10.10 atau setelahnya,” demikian informasi di situs resmi WhatsApp.

Maka, jika komputer atau laptop tidak memenuhi syarat minimal tersebut, direkomendasikan agar menggunakan WhatsApp Web.

Seperti diketahui, komputer yang bisa menjalankan dua sistem operasi tersebut minimal punya kapasitas RAM hingga 2GB. Jika pengguna tidak memenuhi standar minimal tersebut, maka tidak akan bisa menjalankan WhatsApp Desktop di perangkatnya.

Bahkan, ketika pengguna punya perangkat namun terbatas pada standar minimal, tidak tertutup kemungkinan aplikasi tersebut tidak dapat berjalan maksimal.

Dengan demikian, apabila muncul pertanyaan lebih baik pilih WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop, maka jawabannya adalah tergantung kemampuan dan kapasitas komputer milik pengguna.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop, Pilih yang Mana? Ini Perbandingannya

Selain Perbandingan WhatsApp Web dengan WhatsApp Desktop, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!