Tips Hemat Data Internet, Matikan Background Data WhatsApp
Cara Nonaktif Background Data WhatsApp (GeoTV)

Bagikan:

MEDAN - Sebagai aplikasi perpesanan yang cukup populer, WhatsApp menang memiliki banyak fitur menarik yang dapat digunakan penggunannya. Menariknya, secara penggunaan kuota internet, aplikasi WhatsApp termasuk salah satu aplikasi yang tidak boros.

Meskipun WhatsApp tidak terlalu boros data internet namun pengguna masih bisa menggurangi penggunaan data internet di aplikasi.

Cara Matikan Beberapa Fitur WhatsApp

Salah satu fitur yang dapat Anda nonaktifkan tanpa mengurangi kinerja aplikasi adalah background data WhatsApp. Pasalnya, background data WhatsApp berfungsi untuk menjalankan data-data yang masuk ke dalam akun Anda secara otomatis, sehingga hal itu tidak terlalu dibutuhkan.

Sementara itu, ketika Anda tidak sedang menggunakan aplikasi WhatsApp, kuota internet Anda akan terus berjalan karena aplikasi tersebut tetap dijalankan melalui latar belakang atau background.

Oleh karena itu, untuk mengemat kuota internet Anda, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menonaktifkan background WhatsApp Anda, supaya tidak menggunakan kuota Anda.

Jika Anda tertarik untuk menonaktifkan aplikasi latar belakang atau background WhatsApp, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Tips Nonaktif Background WhatsApp dengan Mudah

Untuk menonaktifkan background atau latar belakang WhatsApp Anda, pengguna dapat membuka menu "Pengaturan" atau "Setting" pada ponsel Anda, kemudian pilih opsi menu "Aplikasi" yang ada di dalamnya.

Gulir layar ke bawah dan temukan aplikasi WhatsApp. Anda juga dapat mengetik tulisan WhatsApp di kolom pencarian untuk menemukannya dengan cepat.

Setelah menemukan menu tersebut, klik ikon WhatsApp dan pilih opsi "Data Seluler" yang terdapat di dalam menu "Pengaturan" tersebut, kemudian matikan opsi "Izinkan Penggunaan Data Latar Belakang".

Dengan demikian background atau latar belakang WhatsApp Anda sudah dimatikan dan tidak akan menggunakan data internet di perangkat.

Sebagai catatan, apabila pengguna menonaktifkan backround WhatsApp, maka Anda tidak akan menerima pemberitahuan dari WhatsApp ketika membuka aplikasi lain, dan jika ada pesan yang masuk Anda tidak dapat langsung menegetahuinya.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena pesan yang dikirimkan ke akun Anda akan langsung diterima begitu Anda membuka aplikasi WhatsApp di perangkat smartphone Anda maupun melalui WhatsApp Web.

Sementara itu, untuk panggilan telepon atau video call menggunakan aplikasi WhatsApp, Anda akan tetap menerimanya seperti biasa. Menonaktifkan latar belakang tidak akan mempengaruhi hal tersebut.

Demikian adalah cara untuk menonaktifkan background WhatsApp atau aplikasi latar belakang supaya penggunaan kuota internet di ponsel Anda tidak terlalu boros.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Cara Nonaktifkan Background Data WhatsApp Agar Penggunaan Kuota Internet Lebih Hemat

Selain Tips Hemat Data Internet, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!