Kebenaran Teori Darwin yang Diakui adalah Soal Burung
Burung yang hidup di dekat khatulistiwa memiliki warna-warni yang lebih indah dibandingkan burung yang hidup di area kutub. (foto; dok. pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Teori Charles Darwin yang menyajikan teori tentang evolusi, kini diyakini kebenarannya. Misalnya, teori tentang burung yang hidup di dekat khatulistiwa memiliki warna-warni yang lebih indah dibandingkan burung yang hidup di area kutub.

Diketahui, dua abad setelah Charles Darwin mengajukan teori tersebut, sebuah studi baru akhirnya menunjukkan bahwa burung yang hidup di dekat khatulistiwa memang jauh lebih berwarna.

Ilmuwan telah menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mengidentifikasi jumlah warna dalam foto lebih dari 24.000 burung yang diawetkan dari koleksi Museum Sejarah Alam (Natural History).

Ilmuan melakukan penelitian dengan teknologi AI

Para ilmuwan dengan teknologi yang ada saat ini menemukan, bahwa burung tropis yang tinggal di dekat khatulistiwa kira-kira 30 persen lebih berwarna daripada burung non-tropis yang tinggal di dekat kutub. Hanya saja mereka tidak tahu persis mengapa hal ini bisa terjadi.

“Teori yang telah lama dipegang, pertama kali dikemukakan oleh Charles Darwin dan naturalis lainnya pada abad ke-18 dan ke-19, belum terbukti sampai sekarang,” kata para ahli, seperti dikutip Daily Mail. Penelitian ini dipimpin oleh Dr Chris Cooney dan Dr Gavin Thomas dari University of Sheffield's School of Biosciences.

“Pekerjaan ini mengungkapkan pola luas bahwa spesies burung cenderung 30 persen lebih berwarna ke arah khatulistiwa dan mengidentifikasi beberapa penjelasan umum mengapa pola ini mungkin terjadi,” kata Dr Cooney.

“Ini menarik karena membantu kita untuk lebih memahami faktor-faktor yang mendorong dan mempertahankan keanekaragaman hayati pada skala global,” tambahnya.

“Namun, asosiasi skala luas dengan habitat spesies dan perbedaan pola makan ini hanya dapat memberi tahu kita banyak hal dan masih banyak lagi yang harus dipelajari tentang faktor ekologi dan evolusi yang tepat yang mendorong peningkatan warna pada spesies tropis,” ungkapnya.

Naturalis Eropa abad kedelapan belas dan kesembilan belas seperti Darwin, Alexander von Humboldt dan Alfred Russel Wallace (seorang kolega Darwin) semuanya berkomentar tentang 'keanekaragaman yang kaya' dan 'campuran warna' yang mereka temukan selama perjalanan mereka di daerah tropis.

Misalnya, von Humboldt menulis bahwa 'semakin dekat kita mendekati daerah tropis, semakin besar peningkatan keragaman struktur, keanggunan bentuk, dan campuran warna, seperti juga dalam kemudaan abadi dan kekuatan kehidupan organik'.

Kutipan dari Darwin secara eksplisit tentang polanya sedikit tetapi dalam 'A Naturalist's Voyage Round the World' (1913) ia berkomentar tentang 'pewarnaan mencolok yang biasa dari produksi intertropis'.

Namun, hingga kini belum memungkinkan untuk membuktikan pengamatan awal ini sampai sekarang, karena sejumlah besar data dan teknologi pencitraan canggih yang diperlukan untuk memeriksa pola-pola ini dalam skala global, belum ada.

Untuk membuktikan teori itu sekali dan untuk selamanya, para peneliti memotret 24.345 individu burung dari 4.527 spesies dalam posisi berbeda dan di bawah berbagai jenis cahaya.

Semua spesies adalah burung 'passerine' – burung yang bertengger seperti burung pipit, burung penyanyi dan kutilang.

Mereka diambil dari koleksi Museum Sejarah Alam di Tring, Hertfordshire, yang memiliki spesimen lebih dari 95 persen spesies burung hidup di dunia.

Tim mengidentifikasi warna bulu pada 1.500 titik individu pada setiap spesimen dengan mengekstraksi informasi dari piksel foto, menggunakan DeepLabv3, jaringan saraf.

Ini kemudian memungkinkan para peneliti untuk mengekstrak jumlah total 'lokus warna' per spesimen sebagai metrik warna yang intuitif.

Misalnya, burung pipit jantan (Passer domesticus) dengan warna coklat dan abu-abu sederhana akan memiliki skor lokus warna yang rendah. Sedangkan tanager surga Amazon (Tangara chilensis) dengan berbagai warna akan memiliki skor tinggi.

Mereka menemukan korelasi negatif yang signifikan antara skor lokus warna rata-rata dan titik tengah garis lintang yang menunjukkan lokus warna yang lebih sedikit lebih jauh dari khatulistiwa.

“Tim juga menemukan perbedaan besar antara jenis kelamin,” kata Dr Cooney kepada MailOnline.

“Gradien garis lintang dalam warna-warni lebih kuat untuk warna wanita daripada warna pria,” ujarnya. “Dengan kata lain, wanita tampaknya menunjukkan peningkatan warna yang lebih jelas ke arah khatulistiwa daripada pria.”

Namun, tidak semua burung mengikuti aturan tersebut. Ada satu pengecualian yakni bunting yang dicat (Passerina ciris) Amerika Utara, yang mendapatkan namanya dari rangkaian warna biru, hijau, kuning dan merah jantan yang mencolok.

Tidak sepenuhnya jelas mengapa burung tropis lebih berwarna. Akan tetapi temuan menunjukkan bahwa perbedaan pola makan antara spesies tropis dan non-tropis, serta pengaruh habitat mereka, dapat memainkan peran kunci.

Temuan ini memberikan wawasan tentang bagaimana keanekaragaman hayati didistribusikan di seluruh planet ini, dan akan memungkinkan para peneliti untuk menentukan 'titik panas' warna burung dan menjadi lebih sadar tentang apa yang bisa hilang jika spesies burung dan habitatnya tidak dilestarikan secara efektif.

Penelitian, yang juga melibatkan para peneliti di University of Bath dan University of Pannonia di Hungaria, telah diterbitkan di Nature Ecology & Evolution.

Sebuah artikel terkait yang menyertainya, diterbitkan oleh José Alexandre Felizola Diniz-Filho di Universitas Federal Goiás, Brasil, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, juga telah diterbitkan dalam jurnal yang sama.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Teori Darwin Benar, Burung di Dekat Khatulistiwa Lebih Berwarna dari Burung di Dekat Kutub

Selain Kebenaran Teori Darwin, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!