Tahukan Kamu, Daratan Terdalam di Bumi Ada di Bawah Benua Antartika
Tampilan dataran terdalam di bumi (dok. Mathieu Morlighem/UCI)

Bagikan:

MEDAN - Sejumlah ilmuwan telah berhasil mengindetifikasi adanya titik terdalam di Bumi. Hamparan daratan berupa pegunungan dan lembah itu ternyata berada di bawah lapisan es di Antartika.

Dikutip dari Live Science, daratan terendah tersebut tepat berada di bawah gletser Denman di Antartika Timur. Benua kuno tersebut berada di kedalaman 3,5 km di bawah permukaan laut.

Daratan Terdalam di Bumi Tersebut Sulit Dijangkau Manusia

Menurut Ahli Glasiologi dari Universitas of California, Mathieu Morlighem mengatakan titik terdalam di bumi ini dipenuhi oleh es dan sulit untuk dijangkau. Daratan ini memiliki rentang panjang 100 km dan lebar 20 km.

Penemuan baru tersebut ditampilkan dalam American Geophysical Union's Fall Meeting di San Francisco, Amerika Serikat (AS). Mereka menyebutkan bahwa daratan terdalam itu disebutkan sebagai Benua Putih.

"Menggunakan BedMachine untuk melihat lebih dekat sektor-sektor tertentu di Antartika, Anda menemukan detail yang penting, seperti benjolan dan lubang di bawah es yang dapat mempercepat, memperlambat, bahkan menghentikan mundurnya gletser," jelas Mathieu, Senin, 16 Desember.

Penggambaran daratan terdalam di bumi ini menggunakan teknologi terbaru dari NASA bernama 'BedMachine Antartica'. Proyek ini dikerjakan selama enam tahun lamanya.

Peta tersebut menggabungkan pengukuran pergerakan es, pengukuran seismik, radar dan titik data lainnya untuk membuat gambar paling detail dari fitur tersembunyi Antartika. Peta baru ini, yang diterbitkan 12 Desember 2019 lalu dalam jurnal Nature Geoscience.

Menurut Morlighem, salah satu tantangannya saat pencarian daratan tersebut adalah saat pengumpulan data. Selain itu, Morlighem mengatakan bahwa perubahan iklim bisa memengaruhi keadaan es di daratan tersebut.

Studi ini juga berhasil menemukan fakta baru bagaimana es mengalir di Antartika ketika terjadinya pemanasan global. Jadi Seandainya semua es di Antartika mencair, diperkirakan level air laut secara global bakal naik 60 meter dan dampaknya sangat merusak, terutama di wilayah pinggir pantai.

Termasuk dalam data adalah bukti untuk ngarai terdalam di planet Bumi. Dengan mempelajari berapa banyak es yang mengalir melalui wilayah sempit tertentu yang dikenal sebagai palung Denman setiap tahun, peneliti menyadari bahwa es itu harus menyelam setidaknya 3.500 meter  di bawah permukaan laut untuk menampung semua volume air beku.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Daratan Terdalam di Bumi Ada di Bawah Benua Antartika.

Selain Daratan Terdalam di Bumi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!