5 Tips Merawat Charger iPhone agar Tidak Cepat Rusak
ILUSTRASI/Steve Johnson (Unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Ketika smartphone Anda sedang mengalami habis baterai, tentunya Anda pasti langsung mencari kabel pengisi saya beserta adaptornya atau charger.

Namun, perlu diperhatikan perangkat tersebut juga termasuk barang yang cukup berharga. Karena kalau tidak ada charger ponsel tak akan penuh daya.

Karena itu, Anda perlu merawat charger agar tidak cepat rusak, khususnya bagi Anda pengguna produk Apple yakni iPhone.

Sebab selain ponselnya yang terbilang mahal, harga aksesori aslinya juga tidaklah murah. Saat aksesori rusak, Anda harus merogoh kocek cukup dalam hanya untuk sebuah charger.

Charger juga dapat mudah rusak ketika cara menyimpan atau penggunaannya tidak tepat. Untuk itu, berikut tips merawat charger iPhone agar tetap awet.

1. Hati-Hati Saat Menggulung Kabel

Kebanyakan pengguna jarang sekali memperhatikan hal ini, padahal salah menggulung kabel pengisi daya juga berpotensi merusaknya.

Jadi, disarankan untuk berhati-hatilah saat menggulungnya, karena jika tidak, Anda dapat merusak kabel halus di dalam kabel.

Solusinya, gulunglah perlahan dengan lembut, melingkarkan kabel tiga atau empat kali, lalu selipkan masing-masing ujungnya ke dalam loop. Jangan membuat kabel tertekuk atau tertekan.

Salah satu penyebab paling umum pada kerusakan kabel, karena tergencet dan tertekuk oleh tekanan. Ketika konektor steker bertemu dengan kabel, ini paling memungkinkan untuk membuat kabel akan putus.

2. Lepaskan Kabel dari iPhone dengan Perlahan

Biasanya saking terburu-buru ingin pergi tetapi sedang mengisi daya, para pengguna iPhone asal-asalan mencabut kabel charger, bahkan melepasnya secara kasar.

Hal ini tidak boleh menjadi kebiasaan, memasang dan melepas kabel charger dengan cara menariknya secara kasar adalah cara cepat untuk merusak kabel Anda.

3. Gunakan Pelindung

Cara yang satu ini cukup menjadi pilihan tepat jika Anda ingin lebih aman, cobalah memasang pegas di ujung kabel charger Anda sehingga tidak mudah tertekuk.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba cable protector. Bentuknya mirip kabel telepin berulir dan Anda tinggal memasangkannya ke kabel charger iPhone.

Tidak hanya melindungi, cable protector warna-warni juga bisa bikin kabel makin cantik dan menarik. Kelebihannya tentu saja, kalau pakai cable protector ini selain melindungi juga bisa dilepas pasang dengan mudah. Tanpa lem atau perekat yang mengganggu.

4. Lepas Kabel dari Colokan Listrik Ketika Tidak Dipakai

Biasanya kalau kita malas sehabis mencharge baterai iPhone, maka chargernya kita biarkan tercolok ke listrik. Sebenarnya, hal itu sangat tidak bagus untuk keawetan kabel charger dan adapter iPhone anda.

Usahakan dan biasakan agar sehabis men-charge iPhone Anda, segera cabut charger dari stop kontak listrik, agar kabel charger tidak cepat rusak.

5. Miliki Lebih dari Satu Charger

Masalah umum yang sering menjadi penyebab kerusakan kabel charger iPhone adalah karena kabel charger tersebut sering dibawa kemana-mana.

Sering juga didapati kabel charger disambungkan ke powerbank jika sedang berpergian, sementara kabel yang sama juga sering disambungkan ke adapter jika berada di dalam rumah. Hal itu sangatlah tidak bagus untuk kabel charger iPhone Anda.

Disarankan agar Anda memiliki lebih dari satu kabel charger, apabila ingin menggunakannya saat berpergian. Hal ini guna memperpanjang umur charger Anda.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: 5 Tips Merawat Charger iPhone Agar Umur Panjang

Selain Tips Merawat Charger iPhone, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!