Rekomendasi 10 Kamera Mirrorless Terbaik Tahun 2021
Canon R5, menjadi kamera yang paling layak mendapatkan predikat terbaik. (foto: dollar gill/unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Kamera mirrorless telah meningkat popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir. Selain Lebih kecil, portable, lebih cocok untuk generasi yang senang melakukan perjalanan dan mampu memanfaatkan teknologi ringan yang baru muncul.

Kini, banyak produsen ingin mengembangkan jajaran kamera mirrorless mereka, yang membuat perkembangannya semakin pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Beda Kamera Mirrorless dengan DSLR

Kamera mirrorless tidak memiliki cermin Refleksi di dalam body-nya. Selain itu, kamera ini tidak memantulkan cahaya dengan cara tradisional yang seperti kita kenal dalam kamera DSLR.

Sebaliknya, cahaya dari lensa kamera mirrorless dikirim langsung ke sensor yang ditampilkan melalui layar LCD di bagian belakang dan melalui jendela bidik.

Dalam kamera jenis ini Anda potret perlu sedikit membiasakan diri, karena semua opsi jendela bidik adalah layar daripada cermin itu sendiri. Akan, tetapi manfaat yang diberikan kamera ini lebih besar daripada sisi negatifnya.

Tidak adanya cermin di body yang  menunjukkan kemampuan penghematan berat yang sangat baik namun juga kecepatan pemotretan yang jauh lebih cepat. Bahkan ideal untuk fotografer olahraga dan satwa liar. Pasalnya ada stabilisasi gambar yang sangat baik.

Kamera ini juga sangat berguna karena memiliki representasi langsung dari gambar objek di jendela bidik sebelum Anda menekan tombol rana. Sebagian besar kamera mirrorless memiliki operasi yang lebih senyap.

Banyak merek ternama seperti Canon, Nikon dan Sony telah membuat klaim besar tentang masa depan dunia kamera mirrorless. Semua produsen itu terus mengembangkan lini produk mereka dengan cepat. Opsi mirrorless juga mendapatkan daya tarik dengan cepat di dunia profesional dan sistemnya tampaknya akan melampaui DSLR tradisional pada tahun-tahun mendatang.

Sebuah tes yang menguji ketangguhan kamera mirrorless baru-baru ini muncul. Pengujian kamera ini dilakukan dalam berbagai pengaturan. Bobotnya yang ringan, juga diuji saat kamera dibawa untuk bepergian. Lokasi pengujian dilakukan di sekitar perkotaan dan pedesaan.

Pengujian ini juga dilakukan dalam kondisi baterai yang selalu hidup, untuk mengukur ketahanan dayanya selama perjalanan. Selain itu juga dilihat dari aspek kemudahan pengoperasian, berat, ergonomis dan kelengkapan fiturnya.

Dari berbagai pengujian itu, inilah Kamera mirrorless terbaik untuk tahun 2021:

1. Terbaik secara keseluruhan – Canon R5 

2. Spesifikasi terbaik – Sony A1

3. Terbaik untuk pemula– Nikon Z5

4. Kamera ringan terbaik – Panasonic Lumix S5

5. Terbaik untuk fotografi satwa liar – Panasonic Lumix G9

6. Terbaik untuk fotografer saat Traveling – Canon R

7. Terbaik untuk pengaturan kecil dan ringkas – Olympus OM-D E-M10 mark IV

8. Terbaik untuk pencetakan – Sony A7R mark IV

9. Terbaik untuk performa stabil – Fujifilm X-T4

10. Terbaik untuk opsi anggaran – Sony A6000 Compact

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Ini 10 Kamera Mirrorless Terbaik Tahun 2021 versi Independent

Selain Kamera Mirrorless Terbaik Tahun 2021, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!