Aplikasi Chat dan Streaming Musik Rythm Dipaksa Tutup oleh YouTube
Rythm merupakan bot yang memungkinkan pengguna Discord memutar musik dari video YouTube tanpa membuka YouTube. (foto: Rythm)

Bagikan:

MEDAN - Bot musik populer di aplikasi chat dan streaming Discord, Rythm minggu ini diminta untuk segera pensiun dini. Permintaan itu berasal dari YouTube, yang belum lama ini juga menghentikan layanan Groovy.

Google telah mengirimkan surat penghentian layanan kepada pemilik Rythm, Yoav. Rythm merupakan bot yang memungkinkan pengguna Discord memutar musik dari video YouTube tanpa membuka YouTube.

Rythm Diminta tutup pada 15 September 2021

Raksasa Mountain View, California, AS itu ingin bot Rythm ditutup pada 15 September. Sejak saat itu, Rythm mengumumkan bahwa mereka akan ditutup minggu ini dan mengikuti permintaan Google.

Bot musik Rythm dipasang di lebih dari 20 juta server Discord dan saat ini digunakan oleh 560 juta pengguna Discord. Penutupan ini akan memengaruhi jutaan pengguna, dan itu akan memengaruhi fitur inti Discord sendiri.

"Dengan satu atau lain cara kami tahu ini akan terjadi pada akhirnya. Itulah sebabnya kami mulai mengerjakan sesuatu yang baru setahun yang lalu," ungkap Yoav kepada The Verge yang dikutip VOI, Senin, 13 September.

Yoav menyadari bahwa hal itu akan terjadi. Inilah sebabnya mengapa perusahaan mulai mengerjakan bot baru pada 2020. Mereka sudah memprediksi akan menerima surat penghentian sesudah Groovy mendapatkannya dari YouTube beberapa minggu yang lalu.

Namun Yoav tidak putus asa, dia menyatakan tim bot Rythm saat ini sedang mengerjakan sesuatu untuk menggantikan bot musik, dan itu akan mengisi "lubang" di ruang musik. Proyek baru akan memiliki koneksi juga ke Discord, tetapi perusahaan belum siap untuk memberikan rincian lebih lanjut tentangnya.

Rythm telah menjadi fokus Yoav selama bertahun-tahun, dan dia membutuhkan 16 server, RAM 4TB, dan lebih dari 1.000 inti CPU untuk memberi daya pada bot musik. Ini hanya menunjukkan betapa populernya Rythm sejak diluncurkan.

Di sisi lain, Yoav meyakini bahwa sekarang setelah mereka menerima surat penghentian layanan, dia percaya bot musik lainnya akan segera mendapatkannya juga dan semuanya akan dipaksa untuk ditutup.

Dia juga mengakui bahwa akan sulit untuk membayangkan Discord tanpa bot musik karena mereka telah menjadi kunci pengalaman online. Ini telah membawa begitu banyak keterlibatan dan kesenangan bagi komunitas. Sebagai informasi, awal tahun ini, Microsoft mengakuisisi Discord, dan pengguna mengharapkan lebih banyak perubahan terjadi di masa depan.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: YouTube Paksa Fitur Discord Pensiun, Rythm Prediksi Itu Akan Terjadi!

Selain Aplikasi Chat dan Streaming Musik Rythm, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!