Kasus COVID-19 di Sumatera Utara Menurun, Kapolda Ajak Pemuka Agama Percepat Vaksinasi
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak (tengah) pada pertemuan dengan tokoh agama di Sumut. (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Meskipun kasus COVID-19 di Sumatera Utara cenderung mengalami penurunan, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak tetap mengkampanyekan vaksinasi.

Panca mengajak tokoh agama bergandengan tangan bersama masyarakat, pemerintah daerah TNI dan Polri mendorong percepatan vaksinasi serta menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.

"Saat ini grafik penyebaran COVID-19 di Sumut terus mengalami penurunan terkonfirmasi," kata Panca, dalam sambutannya pada pertemuan dengan tokoh umat beragama Sumut, di Medan, dilansir dari Antara, Selasa 7 Desember.

Vaksinasi COVID-19 di Sumatera Utara capai 60 Persen

Kapolda menyebutkan, hal ini bisa dilihat dari tata awal tahun 2021 dan pasca-Lebaran. Saat ini sudah mencapai 61 persen vaksinasi dosis I dan 40 persen dosis II.

Kesadaran masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan (Prokes) sudah sangat tinggi seperti penggunaan masker, menghindari kerumunan, dan perayaan pesta.

"Semua ini berkat peran tokoh untuk menyampaikan kepada umatnya dan ini harus terus kita gelorakan ajakan masyarakat untuk menjaga kesehatan," ucapnya.

Panca mengatakan, optimistis untuk memaksimalkan capaian vaksinasi 70 persen dalam mempercepat herd immunity di Sumut dengan menggandeng seluruh tokoh umat beragama.Dan dunia mengapresiasi Indonesia karena percepatan vaksin yang signifikan.'

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pemuka agama yang telah menyampaikan sosialisasi dan pemahaman kepada umatnya agar terus menjaga diri dengan tidak keluar rumah saat perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022," kata Kapolda Sumut.

Sementara, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumut Dr.Maratua Simanjuntak siap mendukung Kapolda Sumut dalam percepatan vaksinasi di Sumatera Utara.

"Semua tokoh agama ada di belakang Kapolda Sumut untuk menyelamatkan masyarakat Sumut dari terpapar pandemi COVID-19.Terima kasih Sumatera Utara berkat Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB dibuat aman dan kondusif, kita harus menjaga dan merawat itu dengan baik," ucap Maratua.

Selain Kasus COVID-19 di Sumatera Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumut Terkini!