Jembatan Gantung di Tapanuli Selatan Putus, Warga Bingung Akses
Sejumlah warga masyarakat, datang untuk melihat dari dekat sebuah jembatan gantung (rambin) sepanjang lebih kurang 87 meter (Antara)

Bagikan:

MEDAN - Akibat banjir, sebuah jembatan gantung (rambin) sepanjang lebih kurang 87 meter di atas Sungai Batang Angkola, Kecamatan Angkola Muaratais, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara (Sumut) putus.

Sebelumnya diketahui banjir merupakan kiriman dari Kota Padang Sidempuan Selasa 14 Desember malam tadi merupakan akses vital masyarakat antar desa di wilayah itu.

"Tidak saja masyarakat yang hendak berkebun dan ke sawah, jembatan rambin itu juga memperpendek jarak tempuh anak-anak pulang pergi ke sekolah" kata Kepala Desa Pasir Matogu, Kecamatan Angkola Muaratais, Iswandi Siregar dilansir dari ANTARA, Rabu 15 Desember pagi.

Jembatan Gantung di Tapanuli Selatan Vital Digunakan

Menurutnya, setiap harinya rambin itu banyak ramai digunakan anak-anak yang hendak bersekolah baik di Muaratais maupun ke ke Padang Sidempuan. Tidak hanya anak sekolah Desa Pasir Matogu, bahkan dari Desa Aek Nauli, Desa Tatengger, dan lainnya di sekitaran

"Karenanya kami masyarakat berharap agar pemerintah secepatnya dapat membangun kembali rambin yang putus untuk memperlancar kembali akses jalan antara Desa Pasir Matogu menuju Desa Sorimanaon maupun sebaliknya," harap Iswandi.

Sebelumnya dikabarkan, rambin yang dibangun sekitar tahun 2017 lalu itu putus total diakibatkan Sungai Batang Angkola meluap, dampak banjir Kota Padang Sidempuan akibat hujan lebat sedang yang melanda pada sorenya.

"Kiranya rambin tersebut dapat dibangun kembali dan di tukar ke jembatan permanen. Pun demikian atas kejadian ini kita akan segera menyurati pihak-pihak terkait hari ini," kata Camat Angkola Muaratais AM Fadhil Harahap senada dengan Kepala Desa Iswandi.

Menurut Camat, rambin yang putus itu merupakan akses jalan untuk memperpendek jarak tempuh kilometer dan sangat penting sebagai sarana memperlancar warga masyarakat yang lalu lalang antar dua Desa Pasir Matogu dan Desa Sorimanaon.

Lebih jauh dikatakan Iswandi, di lokasi rambin putus itu masyarakat sudah mulai berdatangan ingin melihat dari dekat kondisi sebenarnya.

Selain Jembatan Gantung di Tapanuli Selatan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!