Sungai Batang Toru Meluap, Pemkab Tapanuli Selatan Bangun Dapur Umum
Suasana dapur umum yang didirikan BPBD Tapanuli Selatan untuk melayani warga masyarakat Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur yang rumahnya terendam air akibat luapan Sungai Batang Toru sejak Jumat (17/12) malam. (ANTARA/HO-Dokumen pribadi)

Bagikan:

MEDAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) Sumatera Utara (Sumut) sudah mendirikan tenda dapur umum di Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, yang terendam banjir akibat luapan Sungai Batang Toru di wilayah itu.

"Alhamdulillah, alat-alat memasak beserta sejumlah beras dan sejumlah lauk (telur) juga sudah masuk tadi sekitar pukul 11.00 Wib," Jalal Nasution tokoh masyarakat Kelurahan Rianiate menghubungi ANTARA, Senin (20/12) siang.

Selain dapur umum yang sudah didirikan, BPBD Tapsel sebelumnya juga sudah mendirikan tenda besar sebagai tempat menampung warga korban banjir yang mengungsi.

Sungai Batang Toru Banjir sejak Jumat

"Para warga merasa senang, dan mengucapkan terimakasih. Sembari membenahi peralatan kaum ibu tengah bersiap-siap untuk memasak naai untuk warga," katanya.

Situasi genangan air di lokasi banjir saat ini katanya belum berubah jauh. Luapan air Sungai yang sejak Jumat (17/12) malam hingga Senin (20/12) belum juga surut merendam ratusan rumah warga RT 1,RT 2, dan RT 3 Lingkungan 1, Kelurahan Rianiate.

Dikatakan, dapur umum maupun tenda darurat untuk menampung warga yang rumahnya terendam air berada persis di atas badan Jalan Nasional Pantai Barat yang aman dari genangan.

Selain Sungai Batang Toru, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!