BMKG Bantu Persiapan Natal dan Tahun Baru di Sumatera Utara
BMKG (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkuat layanan informasi kewaspadaan bencana hidrometeorologi, yang merupakan bagian dari upaya penguatan pengendalian Posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Sumatera Utara.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, saat melakukan inspeksi pengendalian Nataru di Pos Kordinasi Penyelengggaraan Angkutan Laut, Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara.

Persiapan BMKG Sumatera Utara Jelang Natal

"Kegiatan inspeksi itu bertujuan untuk menguatkan layanan informasi BMKG dalam mendukung posko Nataru di Sumatera Utara," katanya, Kamis.

Guswanto menjelaskan pengendalian posko Natura di Sumatera Utara untuk memperkuat system layanan BMKG dalam memberikan informasi kewaspadaan bencana hidrometeorologi yang berpotensi di Sumatera Utara.

"BMKG siap mendukung pengendalian transportasi Nataru 2020/2021 dengan membentuk Tim Brigade La Nina dan menyiapkan radar cuaca untuk memperketat monitoring kondisi cuaca di zona-zona transportasi khusus," katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Medan, Hartanto, mengatakan pihaknya mendukung penuh posko Nataru yang merupakan program nasional dalam memberikan informasi cuaca.

Termasuk deteksi dini sinyal-sinyal potensi kejadian cuaca ekstrem yang dikoordinasikan dengan pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait untuk menyiapkan upaya pencegahan terjadinya kecelakaan dalam transportasi.

BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu mengupdate informasi cuaca terkini melalui aplikasi mobile-phone "infoBMKG", juga melalui website BMKG maupun media sosial resmi BMKG (Instagram, Twitter, dan YouTube), serta melalui call-center "196".

BMKG telah meyiapkan fitur khusus jalur mudik sepanjang jalan tol atau jalan utama secara real-time yang diupdate setiap 6-jam atau sewaktu-waktu terdeksi sinyal ekstrem akan diberikan peringatan dini 3-jam sampai 30-menit sebelumnya.

Selain Sumatera Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!