Prioritas Pemkab Serdang Bedagai, Bangun Jalan Desa untuk Kesejahteraan
Bupati dan Wakil Bupati Sergai saat meresmikan jalan yang baru di bangun di Kecamatan Dolok Masihul (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara, tetap menjadikan pembangunan infrastruktur khususnya jalan penghubung antardesa sebagai prioritas sebagai salah satu upaya peningkatan perekonomian.

Bupati Sergai, Darma Wijaya di Seirampah, Jumat mengatakan, pihaknya memang menjadikan pembangunan infrastruktur, terutama jalan, sebagai prioritas. Hal ini, sebutnya, sangat penting bagi peningkatan perekonomian.

Perbaikan dapat Merangsang Pertumbuhan Ekonomi

Hal itu penting karena dengan fasilitas jalan yang mulus, maka otomatis akan meningkat pula mobilitas masyarakat. Ini, yakinnya, akan merangsang pertumbuhan, tidak hanya pada aspek ekonomi saja, namun juga sisi sosial budaya masyarakat.

Dengan dilaksanakannya perbaikan maupun pembangunan infrastruktur khususnya jalan, maka diharapkan dapat menciptakan dampak positif bagi masyarakat dalam menjalankan roda perekonomian di wilayah masing-masing.

"Pembangunan infrastruktur ini merupakan kebutuhan dasar yang sekaligus jadi bukti jika pemerintah akan tetap hadir di tengah-tengah rakyatnya,” katanya.

Terakhir pembangunan yang dirampungkan adalah peningkatan ruas jalan Bajaronggi sampai ke Sarang Giting bersumber dari dana APBD/Dana Alokasi Umum (DAU) dengan pagu anggaran Rp2.947.129.000, dengan panjang jalan yang dibangun adalah 2.218 m x 4 m berjenis hotmix.

Kemudian lanjutnya, untuk ruas jalan yang sama, ada pula yang bersumber dari Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan pagu anggaran Rp1.830.015.000 dengan panjang jalan yang dibangun 2.560 m x 4 m, juga bertipe hotmix.

Bupati menyebut, dari ruas Jalan Bajaronggi ke Sarang Giting, masih ada sekitar 1 km lagi yang berstatus jalan desa. Sehingga untuk itu ia meminta para kepala desa berkoordinasi untuk merealisasikan pembangunan di area tersebut.

"Silakan Pak Kades Bajaronggi dan Bah Sidua-dua berkomunikasi agar bagaimana dapat diusulkan pembangunan di jalan tersebut, supaya semuanya bisa saling terhubung," katanya.

Sementara Wabup Sergai Adlin Tambunan mengatakan pihaknya akan menjadikan pembangunan infrastruktur jalan sebagai prioritas sampai tahun 2024.

"Untuk jalan yang berstatus kabupaten yang merupakan kewenangan Pemkab Sergai, akan diupayakan bisa dikebut dalam periode kepemimpinan kami.Tentu percepatan pembangunan ini tidak hanya mengutamakan kuantitas, akan tetap diikuti dengan kualitas hasil," katanya.

Selain Pemkab Serdang Bedagai, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!