Lembaga yang Terima Sumbangan dan Diuntungkan dengan Adanya Investasi Kripto
Orangutan salah satu penerima manfaat dari donasi kripto. (foto: twitter @redapes)

Bagikan:

MEDAN - Donasi telah menjadi trending topik di dunia cryptocurrency akhir-akhir ini. Aksi ini bukan sekadar tindakan memberi.

Pasalnya, di negara-negara seperti Amerika Serikat, otoritas pendapatan negara memberikan potongan pajak yang besar bagi mereka yang menyumbangkan kripto mereka ke badan amal terdaftar.

The Giving Block adalah salah satu perusahaan yang menyediakan solusi penggalangan dana kripto semacam itu kepada lebih dari 1.000 organisasi nirlaba.

Cara Kerja yang Unik dari The Giving Block

Dalam serangkaian studi kasus yang diberikan kepada Cointelegraph, The Giving Block menggambarkan bagaimana enam badan amal tersebut mendapat manfaat karena volume donasi keseluruhan pada platformnya melonjak lebih dari 1.000% dari tahun ke tahun pada tahun 2021.

Tammy Tibbetts, salah satu pendiri dan CEO She's the First, organisasi amal yang membantu kesetaraan gender melalui pendidikan, menceritakan tentang donasi ini.

“Pada tahun fiskal yang paling menantang dalam karir saya sebagai CEO nirlaba, saya menyadari bahwa saya harus menganggap serius crypto. Jika tidak, kapal akan berlayar tanpa kita dan, dengan itu, mengambil sumber daya yang dapat membantu gadis-gadis di dunia untuk mengakses pendidikan dan membuka impian mereka. Donasi kripto ini adalah hadiah terbesar kedua kami tahun ini, benar-benar mengubah pandangan saya tentang mata uang kripto,” kata Tibbetts, seperti dikutip Cointelegraph.

Berkat kampanye penggalangan dana kripto, She's the First mengirimkan lebih dari 1.400 makanan, air, dan perlengkapan menstruasi, menghubungkan lebih dari 6.000 gadis dengan mentor di seluruh dunia.

Demikian pula, CARE, salah satu organisasi nirlaba tertua yang memerangi kemiskinan global. Mereka kini melihat sumbangan crypto meningkat dari sekitar 7.000 dolar AS pada tahun 2020 menjadi lebih dari 330.000 dolar AS pada tahun 2021.

Satu kampanye, Paket NFT CARE untuk Afghanistan, bahkan mengumpulkan lebih dari 200.000 dolar AS dalam hitungan minggu untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan bantuan untuk keluarga di Afghanistan.

Lalu ada proyek pelestarian orangutan Orangutan Outreach, yang mengumpulkan lebih dari seluruh anggaran pendapatan 2020 mereka dengan sumbangan crypto. “Kami akan memasukkan crypto ke dalam semua yang kami lakukan untuk bergerak maju, membuatnya lebih besar sehingga kami dapat melakukan lebih banyak pekerjaan yang baik,” kata Richard Zimmerman, direktur eksekutif organisasi tersebut.

Tim Organtuan Outreach merawat orangutan yatim piatu dan terlantar di cagar alam yang dibangun khusus dengan tujuan akhir untuk melepaskan mereka kembali ke alam liar.

Berkat kampanye donasi NFT, pertanian regeneratif nonprofit Trees for the Future berhasil menanam 2,3 juta pohon yang diperkirakan menyerap lebih dari 80.000 metrik ton karbon dioksida selama 20 tahun.

"Kami dapat mengubah kehidupan 5.000 petani dan keluarga mereka dengan memberikan pelatihan dan memungkinkan mereka memiliki pekerjaan dan ketahanan pangan," kata Alexa Castellano, rekanan di Trees for the Future.

Selanjutnya ada Universitas Arizona. Institut pasca sekolah menengah ini mendapat lebih dari 20.000 dolar AS per bulan dalam volume sumbangan kripto. Uang tersebut digunakan untuk mendanai beasiswa, pengalaman mahasiswa, atletik, penelitian dan berbagai program akademik.

Terakhir, Vive Church, komunitas gereja global dengan lokasi di seluruh Amerika Serikat dan Uni Eropa, berhasil mengumpulkan lebih dari 300.000 dolar AS dalam bentuk kripto untuk membayar uang muka ke gedung seluas 80.000 kaki persegi di Palo Alto yang dapat menampung 2.000 orang di auditoriumnya. Tampaknya ada banyak "iman" dalam metode donasi seperti itu juga, seperti yang dijelaskan Aaron Williams, direktur keuangan Gereja Vive:

"Crypto adalah satu-satunya kelas aset yang tampaknya sangat disukai orang. Saya terus-menerus menerima panggilan telepon dan SMS tentangnya dari para donatur. Saya tidak mengharapkan banyak gairah di sekitarnya. Tapi saya percaya bahwa hasrat mereka mendorong kemurahan hati," kata Williams.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Ini 6 Lembaga yang Menerima Manfaat Donasi Kripto, Salah Satunya Pelestarian Orangutan!

Selain , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!