Mengatasi Pencucian Uang di Kripto dengan TRUST
Bursa kripto terkemuka AS perangi anti pencucian uang (Coinbase)

Bagikan:

MEDAN - Beberapa bursa kripto di AS dilaporkan bergabung dengan Travel Rule Universal Solution Technology (TRUST) untuk memberantas masalah anti pencucian uang.

TRUST merupakan inisiatif anti pencucian uang baru. Beberapa bursa terkemuka yang tergababung dengan TRUST yakni Coinbase, Robinhood, Kraken, Fidelity Digital Assets, Gemini, dan Circle.

Berdasarkan keterangan dari blog Coinbase, bursa kripto tersebut dengan bangga mengumumkan peluncuran TRUST, solusi berbasis industri yang dirancang untuk memenuhi persyaratan yang dikenal sebagai Travel Rule sekaligus melindungi keamanan dan privasi pelanggan kami.

Apa itu TRUST?

TRUST adalah platform yang memungkinkan pertukaran mata uang kripto secara aman mengirim informasi yang diwajibkan secara hukum oleh Travel Rule. Solusinya dinamakan TRUST karena itulah yang ingin ditanamkan kepada pelanggan ketika mereka menggunakan produk dan layanannya.

TRUST merupakan solusi bersama yang dibuat untuk mematuhi Aturan Perjalanan Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan AS (FinCEN). TheDailyHodl melaporkan bahwa Travel Rule mewajibkan lembaga keuangan untuk mengumpulkan dan menyimpan informasi tertentu terkait dengan transfer dana dan pengiriman dalam jumlah 3,000 dolar AS atau lebih.

Menurut Coinbase, inisiatif TRUST bertujuan untuk menjadikan kepatuhan terhadap Aturan Perjalanan sebagai standar industri baru.

“Travel Rule mengharuskan lembaga keuangan untuk membagikan informasi dasar tertentu mengenai pelanggan mereka saat mengirim dana dalam jumlah tertentu ke lembaga keuangan lain. Pertukaran cryptocurrency kustodian (seperti lembaga keuangan lainnya) harus memenuhi aturan ini, yang ditulis bahkan sebelum kripto ada.”

TRUST digagas oleh sejumlah bursa kripto terkemuka yang ditujukan untuk menghadirkan solusi di ruang kripto dengan tetap memberikan perlindungan data dan informasi pribadi pelanggan. Ini merupakan “upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya, ini menghasilkan solusi yang dirancang bersama, TRUST, yang kami harap akan segera menjadi standar industri untuk memenuhi persyaratan ini.”

Meskipun anggota TRUST akan mengumpulkan informasi sensitif tentang pengguna, tidak ada penyimpanan pusat data pribadi yang akan terjadi untuk memastikan keamanan dan privasi, menurut Coinbase.

“Kami tidak pernah menyimpan informasi pelanggan yang sensitif secara terpusat di tempat yang dapat ditargetkan oleh penyerang atau disalahgunakan oleh pihak ketiga. Informasi yang diperlukan hanya dikirim secara langsung dari satu anggota TRUST ke anggota lainnya, melalui saluran terenkripsi ujung ke ujung, dan penerima wajib menjaganya.”

Coinbase mengatakan TRUST akan segera berkembang ke yurisdiksi global juga, tetapi belum ada rincian waktu lebih detai mengenai rencana tersebut.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Coinbase, Robinhood, dan Kraken Bersama-sama Bentuk Solusi Anti Pencucian Uang, Namanya TRUST

Selain Pencucian Uang di Kripto, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!