Apa Penyebab Harga Bitcoin dan Uang Kripto Lainnya Anjlok di Tahun 2021 Ini?
China bikin harga kripto crash (Moneyandmarkets)

Bagikan:

MEDAN - Di tahun 2021 ini mata uang kripto banyak mendapatkan sentimen negatif. Terbaru adalah Bank sentral China, People’s Bank of China (PBOC) yang menginstruksikan lembaga keuangan untuk menghentikan dukungannya terhadap transaksi mata uang kripto.

Sentimen negatif dari PBOC tersebut telah menyebabkan  market kripto crash. Melansir CoinDesk, bank di China dilarang untuk memfasilitasi perdagangan, kliring, dan transaksi mata uang kripto.

Sebelumnya China Telah Memblokir Medsos Weibo yang Membahas Kripto

Keputusan itu langsung membuat harga kripto anjlok. Perlawanan China terhadap kripto semakin keras. Sebelumnya, mereka juga memblokir seluruh akun di media sosial Weibo yang membahas mata uang kripto.  

Berdasarkan data dari CoinMarketCap, harga Bitcoin (BTC) mengalami penurunan sebesar 21,09 persen, sedangkan Ethereum (ETH) anjlok 24,39 persen dalam satu pekan terakhir. Saat berita ini dutulis, harga BTC menyentuh level Rp464 juta. Sementara ETH berada di harga Rp27 juta pada Senin 21 Juni.

Sentimen negatif dari pemerintah China tersebut muncul setelah PBOC berkonsultasi dengan sejumlah bank seperti Industrial and Commercial Bank of China, Construction, Agricurtural Bank of China, Industrial Bank, Postal Saving Bank, dan Alipay Network Technology terkait mata uang kripto. 

PBOC menilai transaksi mata uang kripto sebagai masalah utama dalam hal pencucian uang. Mereka juga menyebut uang kripto sebagai ancaman bagi perekonomian dan keuangan negara. 

Oleh sebab itu, lembaga keuangan dan pihak perbankan menyepakati langkah-langkah yang dilakukan oleh PBOC. Pihak perbankan China juga berencana melarang segala bisnis yang berkaitan dengan kripto.

Sebelumnya, pemerintah China juga melarang keras penambangan kripto di Sichuan yang merupakan kawasan mining Bitcoin. Padahal, penambangan tersebut terbilang ramah lingkungan karena menggunakan pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Lagi-Lagi Bank Sentral China Bikin Market Kripto Crash

Selain Penyebab Harga Bitcoin dan Uang Kripto Lainnya Anjlok, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!