Cara Main Game di TikTok, Emang Bisa?
TikTok berencana membawa layanan gim ke dalam aplikasinya. (oto" dok. unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Aplikasi  TikTok berencana membawa layanan gim ke dalam aplikasinya. Dengan uji coba pertama di Vietnam, perusahaan menghadirkan mini-gim HTML5.

"Kami selalu mencari cara untuk memperkaya platform kami dan secara teratur menguji fitur dan integrasi baru yang membawa nilai bagi komunitas kami," ungkap seorang perwakilan TikTok yang enggan disebutkan namanya.

TikTok juga sedang mengerjakan fitur gim seluler LIVE, di mana konten kreator bisa melibatkan penggemar saat melakukan live streaming (siaran langsung).

Mini Game akan segera dimainkan di TikTok

Dilaporkan pertama kali oleh Reuters, TikTok juga berencana untuk menggunakan rangkaian gim dari perusahaan induknya, ByteDance. Ini dimulai dengan mini-gim yang memiliki mekanisme sederhana dan waktu bermain yang lebih singkat.

Pengujian gim tersebut dimulai di Vietnam, namun TikTok mengatakan kepada TechCrunch bahwa itu tidak akurat, dan uji coba tersebut bukanlah sesuatu yang sedang dilakukan saat ini.

Sebenarnya perpindahan aplikasi video sosial ke gim HTML5 sudah diketahui. Pasalnya TikTok sebelumnya mengumumkan rencana kemitraannya bersama Zynga tahun lalu. Kedua perusahaan telah bekerja sama untuk meluncurkan gim HTML5 Disco Loco 3D secara eksklusif di TikTok.

Pada saat itu, TikTok mengonfirmasi bahwa pihaknya sudah berdiskusi dengan pembuat gim lain untuk kesepakatan serupa. Hingga kini, perusahaan tidak memiliki mitra baru.

Menjelang kesepakatan dengan Zynga, TikTok juga telah meluncurkan gim-nya sendiri, Garden of Good, yang dibangun dalam kemitraan dengan organisasi nirlaba Feeding America dan berfokus pada penggalangan dana amal. Tetapi ini hanya terasa lebih seperti eksperimen untuk melihat apakah pengguna TikTok akan memainkan gim dalam aplikasi.

Meski hanya sebagai eksperimen, namun gim dapat tumbuh menjadi alat monetisasi yang signifikan untuk TikTok, jika gim tersebut akhirnya didukung iklan atau kemudian menambahkan komponen berbayar, seperti pembelian dalam aplikasi.

Laporan lainnya yang dikutip dari TechCrunch, Jumat, 20 Mei, bersumber dari perusahaan intelijen produk Watchful, yang mengungkapkan TikTok sedang mengerjakan sejumlah fitur untuk live streaming.

Fitur itu meliputi permainan untuk membantu streamer lebih dekat dengan pemirsa. Termasuk permainan seperti Pictionary, pengalaman memberi hadiah kotak harta karun yang membagikan koin kepada pemirsa acak setelah jangka waktu tertentu, dan pengalaman berbelanja yang memungkinkan pemirsa menelusuri produk dari siaran langsung.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Nggak Cuma Bikin Video, Pengguna Juga Bakal Bisa Main Gim Langsung di Aplikasi TikTok

Selain Cara Main Game di TikTok, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!