Fakta Gurun Sahara setelah Viral di TIkTok Ternyata Mengejutkan
Ilustrasi Gurun Sahara (Mostafa Ft Shots/Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Baru-baru ini nama Gurun Sahara tiba-tiba jadi viral di TikTok bahkan masuk trending topic nomor satu di mesin pencarian Google. Ternyata, video TikTok itu menunjukkan pencarian “Gurun Sahara” di Google Maps akan menghasilkan unggahan foto adegan dewasa dari Kevin’s Bending.

Tidak ada informasi terkait identitas Kevin atau alasan mengapa foto tersebut diunggah dalam Google Maps Gurun Sahara. Foto yang diunggah pada 5 Agustus lalu kini telah dihapus dari Google Maps.

Namun terlepas dari berita viral dengan isu tak senonoh, Gurun Sahara adalah gurun pasir terbesar di dunia. Dan daratan tak berpenghuni terluas ketiga setelah Antartika dan Arktik. Kata Sahara berasal dari Bahasa Arab ṣaḥrā yang artinya gurun. Gurun Sahara yang viral di TikTok berlokasi di Afrika Utara. Luas wilayah sekitar 9.200.000 kilometer persegi, sebanding dengan luas daratan Cina dan Amerika Serikat.

Gurun Terpanas di Dunia

Selain itu, melansir Global Adventure Challenges, Senin, 8 Agustus, Sahara juga merupakan gurun terpanas di dunia dengan iklim yang tak menyenangkan. Suhu rata-rata tahunan adalah 30 derajat celcius. Sedangkan suhu terpanas yang pernah tercatat adalah 58 derajat celcius.

Curah hujan di Gurun Sahara cenderung sedikit. Setengah dari wilayah Gurun Sahara menerima kurang dari 1 inci hujan setiap tahun. Banyak yang menganggap suhu di Sahara panas sepanjang hari. Faktanya, suhu turun drastis di malam hari karena kurangnya kelembaban hingga dapat mencapai titik terendah yakni -6 derajat celcius.

Anda tidak hanya akan menemukan pasir di Gurun Sahara. Sebagian besar padang terdiri dari dataran tinggi berbatu yang tandus, serta dataran garam, bukit pasir, gunung, dan lembah kering. Sungai dan aliran yang ditemukan di Sahara semuanya musiman, selain dari Sungai Nil. Ada lebih dari 20 danau di Sahara, yang sebagian besar adalah danau air asin. Danau Chad adalah satu-satunya danau air tawar di padang pasir.

Puncak tertinggi di Sahara adalah Emi Koussi (3.415m), sebuah gunung berapi yang terletak di Pegunungan Tibesti, Chad. Pegunungan lainnya di daerah ini termasuk Pegunungan Aïr, Sahara Atlas, Adrar des Iforas, Pegunungan Hoggar, Pegunungan Tibesti, dan perbukitan Laut Merah.

Di Gurun Sahara terdapat beberapa bukit pasir yang menjulang tinggi. Di timur-tengah Aljazair terletak Laut Pasir Souane-n-Tifernine, dengan bukit pasir setinggi 450m. Bukit pasir terbesar di Maroko adalah Erg Chigaga dengan beberapa bukit pasir mencapai 300m besar. Bukit pasir Chigaga sulit dijangkau. Anda hanya bisa menelusurinya dengan menunggang Unta atau berjalan kaki. Bukit pasir ini adalah bagian Sahara yang relatif tidak tersentuh.

Populasi di sekitar gurun Sahara hanya berkisar dua juta penduduk Orang-orang yang tinggal di Sahara sebagian besar adalah pengembara. Yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain tergantung musim. Sementara penduduk tetap tinggal secara berkelompok dekat sumber air.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Gurun Sahara Viral di Tiktok, Ini Fakta Tentang Padang Pasir Terbesar di Dunia

Selain Fakta Gurun Sahara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!