Kebakaran Hutan dan Lahan di Samosir, Kapolda Sumut: Pencegahan Harus Dilakukan
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak memantau kebakaran hutan di Kabupaten Samosir melalui Helikopter. (Foto:ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak berangkat ke Kabupaten Samosir memantau kebakaran hutan dan lahan dari udara, Senin.

Kapolda Sumut bersama para pejabat utama dengan menggunakan helikopter meninjau lokasi kebakaran hutan dari udara tiba di Lapangan SMP Negeri 1 Sianjur Mula-Mula, Desa Sarimarihit, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sumut menggelar rapat bersama Polres Samosir dan jajaran dan unsur Forkopimda Kabupaten Samosir.

Kapolda Menyatakan Penanganan Terus Dilakukan

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Samosir harus dilakukan secara terintegrasi dengan baik dan tidak dikerjakan sendiri-sendiri mengingat kejadian ini telah terjadi secara terus menerus.

"Kebakaran hutan dan akan merusak kampung kita, maka jangan bosan-bosan mensosialisasikan kepada masyarakat, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan pemerintah desa harus turun langsung melakukan Patroli.Bangun Mekanisme cara penanganan yang terpadu," ucapnya.

Baca juga: Kapolda Sumut minta Satker rumuskan perencanaan dengan baik

Menurut Panca, kebakaran hutan ini bukan kebakaran biasa tapi disengaja untuk membuka lahan, maka Kepala Desa harus menyampaikan kepada masyarakat untuk membuka lahan dengan cara-cara yang baik tanpa harus membakar.

"Membangun kesadaran masyarakat itu yang paling utama dan langkah upaya pencegahan harus diutamakan.Tidak ada kita yang hebat dan yang hebat itu adalah kebersamaan.Maka mari kita kerjakan upaya penanganan ini secara bersama-sama," kata Kapolda Sumut.

Selain Kebakaran Hutan dan Lahan di Samosir, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!