Tips Menghadapi Orang "Yes Man" agar Diri Sendiri Tidak Rugi
Ilustrasi. (Foto- Unsplash)

Bagikan:

MEDAN – “Yes Man” adalah istilah bagi orang-orang yang memiliki sifat plin-plan atau tidak punya pendirian. Tidak jarang orang-orang tersebut menjadi dimanfaatkan dan disetir oleh orang lain.

Contoh kasus, Wowo adalah seorang ketua dari suatu organisasi yang memiliki banyak anggota. Namun lambat laun sifat Wowo yang selalu “mengiyakan” keinginan orang lain membuat banyak anggotanya menganggapnya sebelah mata.

Lantas, jika Anda di posisi anggota dari organisasi yang dipimpin Wowo, apa yang harus dilakukan? Berikut ini beberapa di antaranya yang dapat Anda coba.

1.     Bicara Secara Intim

Apabila posisi Anda adalah bawahan dari orang-orang yang bersifat “Yes Man”, cobalah mengajak pimpinan Anda berbicara dan kemukakan kendala yang selama ini ada. Jika tidak memungkinkan, coba langkah selanjutnya.

2.     Bicara Apa Adanya

Menjalin kedekatan personal dengan orang “yes man” tanpa berkata jujur mungkin akan sia-sia, terlebih jika orang tersebut tidak menyadari jika tindakannya sangat merugikan orang lain. Jadi jujur adalah cara terbaik, meski kadang menyakitkan.

3.     Tetap Hormati Dia

Bagaimanapun orang-orang yang tidak memiliki pendirian adalah manusia biasa yang pantas untuk dihormati, terlebih jika dia adalah pimpinan Anda. Sebisa mungkin pahami posisi Anda, meski hal tersebut akan susah dijalankan.

Selain tips menghadapi orang “Yes Man”, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!