Info BMKG Hari Ini: Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di Beberapa Daerah
Ilustrasi. (Foto- Unsplash)

Bagikan:

MEDAN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, Rabu 28 April.

Selain Sumatera Utara, beberapa daerah yang berpotensi mengalami cuaca buruk tersebut di antaranya Aceh, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

BMKG Peringatkan Masyarakat di Beberapa Daerah Ini

Kemudian daerah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir berdurasi singkat adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan. Selain itu wilayah yang berpotensi hujan sedang adalah Maluku.

Selanjutnya untuk wilayah Nusa Tenggara Barat, BMKG mengimbau agar masyarakat mewaspadai tinggi gelombang yang mencapai dua meter atau lebih.

Peringatan tersebut ditujukan di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Samudera Hindia selatan Nusa Tenggara Barat, dan Selat Sape bagian selatan.

Selain itu, BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi yaitu 2,5-4 meter di perairan barat Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano hingga barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Samudera Hindia barat Sumatera, perairan selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumbawa, dan Selat Bali.

BMKG juga mengimbau warga untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, yakni pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, dan kapal ukuran besar seperti kargo atau kapal pesiar.

Terakhir, bagi masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, BMKG mengimbau agar tetap selalu waspada.

Selain info BMKG hari ini, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!