Alasan Bank Mandiri Tidak Ganti Rugi Uang Rp128 Juta Milik Asrizal
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

MEDAN – Beberapa waktu ini viral nasabah bernama Asrizal Askha yang kehilangan uang senilai Rp128 juta di Bank Mandiri.

Uang Asrizal diketahui hilang saat yang bersangkutan hendak menarik saldonya di anjungan tunai mandiri (ATM) pada 6 Februari 2021. Kasus kehilangan tersebut kemudian ramai dibicarakan di media sosial Twitter.

Apakah Dana yang Hilang di Bank dapat Kembali?

Terkait dengan kehilangan tersebut, Manajemen PT Bank Mandiri Tbk menegaskan jika tidak akan mengganti uang Rp128 juta milik Asrizal Askha. Hal tersebut lantaran telah terjadi transaksi yang sah dengan Kartu Mandiri Debit dan PIN yang sesuai.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha menjelaskan jika pihaknya telah melakukan investigasi internal selama 11 hari kerja terkait hilangnya dana milik Asrizal.

Kemudian setelah investigasi selesai pihaknya tidak dapat melakukan penggantian dana. Sebab ditemukan fakta bahwa terjadi kebocoran pin ATM milik Asrizal.

"Berdasarkan investigasi internal, transaksi yang disanggah merupakan transaksi yang sah dengan Kartu Mandiri Debit dan PIN yang sesuai sehingga Bank Mandiri tidak bertanggung jawab dan tidak dapat memberikan penggantian atas dana yang hilang tersebut," katanya, saat dihubungi, Minggu, 23 Mei.

Asrizal adalah Korban kejahatan

Berdasarkan rekaman pengaduan nasabah ke call center 14000, Rudi memperkirakan nasabah telah menjadi korban kejahatan dengan modus penukaran kartu debit dan penguasaan PIN.

Modus penipuan tersebut dikarenakan alasan kartu debit yang dipegang nasabah berbeda dengan kartu debit yang terdaftar di Bank Mandiri. Sedangkan kartu yang dipakai bertransaksi tidak lagi dalam penguasaan nasabah.

"Kami juga telah menyampaikan dan menindaklanjuti permasalahan tersebut kepada nasabah dan pihak terkait lainnya," tuturnya.

Berkaca pada kasus Asrizal, Rudi mengimbau kepada seluruh nasabah Bank Mandiri untuk menjaga kartu Mandiri Debit yang dimiliki. Termasuk menjaga kerahasiaan nomor PIN.

"Jangan menginformasikannya ke siapapun juga, termasuk orang-orang yang mengaku karyawan Bank Mandiri," ucapnya.

Artikel ini pernah tayang lengkap di VOI.ID dengan judul: Mengapa Bank Mandiri Tidak Ganti Uang Rp128 Juta Duit Nasabah Bernama Asrizal.

Selain kasus kehilangan uang Rp128 juta di Bank Mandiri, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!