Cek Fakta: Apa Benar Bumbu Penyedap Masako, Sasa, Ajinomoto dan Indomie Goreng Mengandung Babi?
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Baru-baru ini aplikasi pesan WhatsApp diramaikan oleh pesan berantai tentang sejumlah bumbu masakan yang mengandung babi. Tidak tanggung-tanggung, beberapa produk besar disebut dalam pesan berantai itu.

Pada narasi pesan disebutkan, hasil penelitian dari Pondok Wali Barokah, Burengan, Kediri terhadap 8 bumbu penyedap yang tidak semuanya halal. Sebanyak 4 bumbu positif mengandung babi, sedangkan sisanya tidak.

Pesan Tersebar Melalui Aplikasi WhatsApp

"Positif mengandung babi, yaitu Masako, MSG Sasa, MSG Ajinomoto, dan bumbu Indomie Mi Instan Goreng," demikian bunyi dalam pesan berantai sebagaimana dilansir dari turnbackhoaks, Rabu, 30 Juni.

Berdasarkan hasil penelusuran, daftar bumbu penyedap yang mengandung babi itu tidak benar.

Melalui situs halalmui.org, LPPOM MUI memastikan kehalalan produk Masako, MSG Ajinomoto, MSG Sasa, dan bumbu Indomie Mi Instan Goreng berdasarkan hasil audit yang tertuang dalam Surat Pemberitahuan DN16/Dir/LPPOM MUI/IX/20.

Selain itu, informasi seputar bumbu penyedap makanan yang mengandung babi sebelumnya pernah beberapa kali dibahas oleh turnbackhoaks dalam artikel berjudul "[SALAH]Daftar Bumbu Masakan Mengandung Babi dan [SALAH] “MUI Mengeluarkan Daftar Bumbu dan Makanan yang Mengandung Babi.

"Dari berbagai fakta di atas, pesan berantai WhatsApp itu dikategorikan sebagai Konten yang menyesatkan," demikian turnbackhoaks.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Heboh Bumbu Masak Masako, Sasa, Ajinomoto dan Indomie Goreng Mengandung Babi, Benarkah?

Selain cek fakta Masako, Sasa, Ajinomoto dan Indomie Goreng Mengandung Babi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!