12 Konten Inspirasi di YouTube yang Perlu Anda Tahu
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Media sosial saat ini menjadi wadah kreasi semua orang, seperti TikTok, Instagram dan Facebook. Namun, tetap saja tidak ada yang dapat mengalahkan pamor YouTube.

Platform milik Google ini masih banyak diminati para konten kreator, khususnya pemula. Selain, bisa mengunggah video dengan durasi panjang, YouTube juga dapat menghasilkan pendapatan dari fitur monetisasi.

Untuk itu, simak beberapa inspirasi konten YouTube bagi pemula yang ingin memulai karir perdananya di platform tersebut, seperti dikutip dari Lifewire, Sabtu 10 Juli.

1. Menggambar

Bagi Anda pecinta dunia menggambar, tentu akan tertarik menyaksikan video tutorial menggambar yang ada di sejumlah channel Youtube. Tidak heran jika ini juga jadi salah satu ide konten menarik yang pas untuk dicoba jika Anda memiliki keterampilan dalam menggambar.

2. Unboxing

Konten Unboxing menjadi tren besar di YouTube. Saat produk baru diluncurkan, jenis video ini mulai bermunculan dan menarik perhatian pemirsa yang menelusuri produk tersebut untuk memutuskan apakah produk tersebut layak dibeli untuk mereka sendiri. Pemilik produk dapat membuat video diri mereka sendiri dengan menampilkan unboxing produk dalam kotak pertama kalinya, dan menunjukkan apa isi yang ada dalam kotak tersebut.

3. Review

Video unboxing menunjukkan apa yang Anda dapatkan dari suatu produk, tetapi sering kali calon konsumen mencari orang yang sudah mencoba, menguji, dan menggunakan produk (atau layanan) untuk jangka waktu tertentu. Dan itu tidak melulu tentang gadget, orang mengunggah ulasan video untuk apa saja yang bisa diulas dan bermanfaat.

4. Video Gaming

Orang-orang pasti suka bermain video gim. Menariknya, mereka juga suka menonton orang lain bermain gim. Seperti konten kreator Markiplier, yakni seorang YouTuber dengan gim di saluran YouTube yang memiliki lebih dari 22 juta pelanggan.

Pemirsa umumnya suka menonton YouTuber bermain gim saat mereka memberikan komentar, baik untuk mendapatkan wawasan tentang cara bermain yang lebih baik untuk diri mereka sendiri atau hanya sebagai bentuk hiburan.

5. Tutorial

Orang akan selalu dibingungkan dengan teknologi terbaru. Dan daripada mengikuti petunjuk manual, biasanya lebih banyak orang beralih ke YouTube untuk mencari video tutorial sebuah produk.

Ingat, YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia. Anda dapat menemukan semuanya mulai dari pengkodean JavaScript dan pemecahan masalah PC hingga pengeditan Photoshop dan jailbreaking iPhone. Anda tidak harus menjadi ahli teknologi, yang perlu Anda lakukan hanyalah menunjukkan teknik bermanfaat yang sudah Anda ketahui cara melakukannya.

6. Berita

Sedikit waktu yang dimiliki untuk membaca berita? Tenang, Anda bisa mempersingkat berita yang ada di internet dengan menyajikannya ulang melalui video berita. Sudah banyak YouTuber yang membuat video berita dan minatnya pun cukup tinggi dari para penonton.

7. Talkshow

Gemar berbicara di depan kamera? Cocok. Tidak ada salahnya mencoba untuk membuat video talkshow bersama dengan narasumber yang mumpuni untuk membahas ilmu atau informasi yang sekiranya dibutuhkan banyak orang, seperti dokter, guru, dan lain sebagainya. Cukup temukan informasi dan gali lebih dalam agar penonton mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

8. Pertunjukan Musik

Punya bakat musik? Maka Anda yakin dapat membagikannya di YouTube. Tidak hanya musik besar di YouTube dengan integrasi Vevo-nya, tetapi lagu atau cover asli dari orang biasa seperti Anda juga menarik untuk didengarkan dan ditonton. Banyak artis dan band telah mengepakan sayapnya di YouTube, dan ini merupakan wadah yang terbaik untuk kalian unjuk gigi.

9. Memasak

Resep dengan daftar bahan dan petunjuk langkah demi langkah sangat bagus, tapi seperti kebanyakan cara, tidak ada yang mengalahkan melihatnya langsung dan beraksi.

Dengan video memasak, pemirsa dapat melihat dengan tepat teknik mana yang Anda gunakan dan melihat sekilas bagaimana bahan-bahan apa saja yang digabungkan di setiap tahap. Bahkan jika Anda memiliki ide makanan atau camilan paling sederhana, ada baiknya membagikannya di YouTube. Orang selalu mencari ide resep yang mudah dan praktis di platform tersebut.

10. DIY

Jika video tutorial cenderung memberikan contoh cara mengerjakan atau membuat sesuatu secara umum. Video DIY ini cenderung memberikan tontonan berupa video tutorial membuat sesuatu yang unik dan kadang tidak terpikirkan sama sekali. Penonton bisa dibuat tercengang ketika melihat hasilnya.

11. Vlog

Sebenarnya konten ini sudah banyak dibuat oleh para selebriti dan influencer di YouTube. Konten vlog biasanya berisi tentang kegiatan sehari-hari. Namun, hati-hati jika Anda kurang kreatif maka bisa jadi konten Anda berbalik menjadi konten yang membosankan. Disarankan, Anda harus membuat Vlog yang berbeda dari lainnya, seperti traveling sembari mengedukasi penonton.

12. Parodi

Ide ini cukup menarik lantaran jarang ditemukan di YouTube, salah satu YouTuber yang terkenal membuat konten parodi yakni Mimi Peri? Dia adalah salah satu Youtuber yang dikenal karena video parodinya yang unik.

Mimi Peri tidak segan membuat konten lucu dan menarik banyak orang sehingga dia sudah dikenal dan diikuti oleh banyak orang di akun YouTube pribadinya juga media sosial lainnya.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: 12 Inspirasi Konten Menarik Bagi Pemula di YouTube, Salah Satunya Parodi seperti Mimi Peri

Selain Konten Inspirasi di YouTube, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!