Tips Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Pinterest
Pengguna Pinterest, kini dapat memonetisasi akun mereka. (foto: dok. Pinterest)

Bagikan:

MEDAN - Pinterest baru saja mengumumkan fitur baru yakni monetisasi, dimana pengguna di seluruh dunia, kini dapat mencari penghasilan dari aplikasi tersebut.

Menurut Pinterest, konten kreator dapat menandai produk mereka dengan Idea Pin yang memungkinkan konten mereka dapat dibeli. Pengguna juga sekarang dapat memperoleh komisi melalui tautan afiliasi dan bermitra dengan merek di konten bersponsor, seperti di platform sosial lainnya Instagram, YouTube, dan TikTok.

Idea Pin Dirip Dengan Aplikasi TikTok

Idea Pin yang mirip dengan TikTok ini menawarkan cara bagi pembuat konten untuk menghasilkan konten yang menggabungkan musik, video, dan elemen interaktif lainnya seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis 29 Juli.

Video dalam Idea Pin dapat berdurasi hingga 60 detik per halaman, dengan total hingga 20 halaman per pin. Kreator juga dapat menambahkan fitur lain ke pin mereka, seperti stiker atau musik, dan menandai kreator lain.

Alat penandaan produk Idea Pin baru ini akan diluncurkan ke semua akun bisnis di AS dan Inggris. Alat ini  akan berlanjut selama beberapa bulan mendatang untuk pembuat konten di seluruh dunia.

Sebelum ini, konten kreator di Pinterest dapat menghasilkan uang. Tetapi, itu semacam proses manual. Kreator konten harus menautkan konten mereka ke blog dengan harapan pengunjung akan menghasilkan pendapatan Adsense.

Mereka perlu menjangkau merek dan perusahaan untuk mendapatkan sponsor. Ini persis seperti platform YouTube, di mana sudah ada fitur monetisasi yang dibangun di dalamnya dan yang perlu dilakukan pengguna hanyalah memposting video.

Sejatinya fitur monetisasi Pinterest ini cukup ketinggalan jauh dari media sosial lainnya, Instagram khususnya, telah memasuki wilayah Pinterest sedemikian rupa sehingga banyak pengguna saat ini memulai pencarian inspirasi belanja mereka di aplikasinya terlebih dahulu.

Instagram telah melayani kelompok pembeli online yang berkembang ini dengan mengubah platform-nya menjadi semacam pasar online, bersaing dengan tombol toko khusus, fitur checkout bawaan, peringatan tentang penurunan produk, dan berbagai cara bagi pembuat konten untuk menghasilkan keuntungan dari pekerjaan mereka.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Pengguna Pinterest Kini Bisa Cari Cuan di Aplikasi

Selain Cara Menghasilkan Uang dari Pinterest, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!