Banjir Rob di Belawan Medan, BMKG: Sampai 9 November
Ilustrasi - Warga melintas di jalan yang tergenang rob di Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/5/2020). (Dok ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Medan setiap tahunnya menjadi langganan banjir, tidak terkecuali Belawan. Hal tersebut diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir rob.

Adapun banjir rob terjadi di pesisir Belawan, Medan, Sumut, dan sekitarnya sampai 9 November 2021.

"Kita perkirakan banjir rob mulai hari ini Selasa 2 November hingga 9 November mendatang," ucap Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Belawan Medan, Sugiyono di Medan, dilansir Antara, Selasa, 2 November.

Penyebab Terjadinya Banjir Rob

Ia menyebut, fenomena banjir rob yang juga dikenal masyarakat di Tanah Air merupakan pasang air laut maksimum ini terjadi akibat aktivitas air laut yang terjadi setiap bulan.

Selain itu, lanjut dia, namun kali ini juga dipengaruhi curah hujan yang tinggi, sehingga masyarakat di kawasan pesisir harus mengantisipasi dampaknya.

"Hal ini bisa berdampak bagi transportasi di sekitar pelabuhan Belawan dan pesisir, khususnya di Kecamatan Medan Belawan," katanya.

Ia melanjutkan, lazimnya aktivitas masyarakat dan kegiatan bongkar muat kapal di pelabuhan Belawan diperkirakan menjadi terganggu.

"Kita imbau waspada dan siaga akan dampak banjir rob, serta tetap memperhatikan update (diperbarui) informasi cuaca maritim BMKG," jelas Sugiyono.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: BMKG: Waspada Banjir Rob di Belawan Medan Sampai 9 November

Selain Banjir Rob di Belawan Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!