Pilkades di Sumatera Utara akan Dihelat, Polda Sumut Kerahkan Ribuan Personel
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak. (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Sebanyak 1.129 personel Polda Sumatera Utara dikerahkan untuk pengamanan proses pemilihan kepala desa (pilkades) 2021 di sejumlah kabupaten di wilayah Sumut yang digelar Minggu (21/11).

"Ke-1.129 personel itu terdiri atas Brimob, Sabhara, Intel, Reskrim, Propam serta Bintara Remaja. Mereka dikirim mengamankan Pilkades Serentak 2021 di seluruh wilayah di Sumut," kata Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak pada apel pasukan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan "Huta Toba 2021", di Mapolda, Minggu.

Polda Sumut Lakukan Koordinasi dengan Beberapa Pihak

Panca menyebutkan, Polda Sumut beserta jajaran telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan mitra kamtibmas untuk melakukan pengamanan tahapan Pilkades 2021, mulai persiapan, pencalonan pemungutan suara, hingga penetapan calon dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif agar situasi tetap aman dan kondusif.

Sejumlah kabupaten yang melaksanakan Pilkades 2021 yakni Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Tapanuli Utara (Taput), Dairi, Karo, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah (Tapteng), dan Kabupaten Toba.

"Ada tujuh kabupaten, 88 kecamatan dan 558 desa yang melaksanakan Pilkades 2021 di Sumut. Pelaksanaan pilkades tidak sama dengan pemilihan presiden, gubernur dan legislatif," ucapnya.

Kapolda mengatakan, untuk pilkades hasilnya akan keluar di hari itu juga dan langsung ditetapkan. Sementara untuk pilpres, pilgub dan pileg ada proses tahapan pleno dan dilaporkan ke KPU.

Kepada personel diminta untuk benar-benar menjalankan tugas sehingga Pilkades 2021 di Sumut berjalan lancar tanpa adanya gangguan. Tentunya bersama TNI, pemerintah daerah serta pemangku kepentingan turut menyampaikan kepada panitia pemilihan dan masyarakat pemilih untuk selalu mematuhi protokol kesehatan guna mencegah terjadinya klaster baru.

"Saya berharap semua personel yang di-BKO dalam pengamanan Pilkades 2021 untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan dalam mencegah penularan COVID-19," katanya.

Selain Pilkades di Sumatera Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!