Pilkades di Tapanuli Utara, Kapolda Sumut: Tidak Perlu Euforia Berlebihan
Kapolda Sumut Irjen Pol R.Z. Panca Putra Simanjuntak meninjau pelaksanaan pilkades di Desa Pansurnapitu, Kecamatan Siatasbarita, Kabupaten Tapanuli Utara. (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol R.Z. Panca Putra Simanjuntak mengatakan pemilihan kepala (pilkades) serentak di 200 desa di Kabupaten Tapanuli Utara terpantau aman, lancar, dan tertib.

"Pilkades ini perlu disukseskan seluruh masyarakat supaya terpilih kadesnya yang mampu mewakili seluruh masyarakat. Siapa pun pemenangnya tidak perlu bereuforia yang berlebihan," katanya ketika meninjau pelaksanaan pilkades di Desa Pansurnapitu, Kecamatan Siatasbarita, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dilansir dari Antara, Selasa 23 November.

Momen Pilkades Tapanuli Utara, Masyarakat Diimbau Tidak Berkerumun

Dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini, ia meminta masyarakat tidak menggelar kegiatan euforia yang bisa menimbulkan kerumunan tak terkendali karena riskan terjadinya penularan virus corona baru itu.

"Tadi saya juga sudah cek soal penerapan protokol kesehatan, semuanya dilaksanakan. Meski COVID-19 sudah agak menurun, tidak perlu euforia," ucapnya.

Ia menekankan kepada seluruh personel pengamanan serta panitia pilkades tentang pentingnya menciptakan situasi yang kondusif di masyarakat.

"Para pendukung calon kepala desa, jangan sampai ribut dan berantem," katanya.

Terkait dengan penambahan jumlah personel dari sebelumnya 244 menjadi 944 orang dari BKO Polda Sumut dan Brimob untuk pengamanan pilkades serentak di daerah itu, ia mengatakan, hal tersebut merupakan penilaian atas aspek pengamanan.

"Sebenarnya bukan penambahan, itu strategi polisi bersama TNI. Bagaimana masyarakat bebas dan siap untuk mengikuti pelaksanaan pilkades," katanya.

Sementara, TPS di Desa Pansurnapitu, Kecamatan Siatasbarita, dengan 491 pemilih menjadi satu di antara empat TPS yang disiapkan untuk mengakomodasi hak demokrasi bagi total 1.713 pemilih terdaftar di desa tersebut dalam memberikan pilihannya untuk salah satu di antara lima calon kepala desa.

Selain Pilkades di Tapanuli Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!