Hampir Masa Panen Pagi, Petani Tapanuli Selatan Tangkap 481 Hama Tikus
Kelompok tani dan masyarakat Muaratais Satu, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan menunjukkan ratusan hama tikus hasil buruan mereka pada Minggu (26/12) bersama BPP, POTP-PHP, PPL dan lainnya. (ANTARA/HO-Dokumen pribadi)

Bagikan:

MEDAN - Kelompok tani di Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Sumatera Utara (Sumut) akhir pekan menghabiskan waktu untuk melakukan perburuan tikus.

Demikian Petugas POPT-PHP Batang Angkola - Angkola Muaratais, Dinas Ketapang dan Hortikultur Provinsi Sumatera, Ali Husni kepada ANTARA, Senin 27 Desember.

Petani di Tapanuli Selatan Gencar Berburu

Gencarnya perburuan hama tikus itu, kata Husni, mengingat musim tanam padi di wilayah tersebut sudah dekat atau Januari 2022.

"Lokasi perburuan hama tikus itu di Desa Sibulele Muara. Melibatkan, kelompok tani, koordinator BPP, POPT-PHP, PPL, aparatur desa, KTNA, masyarakat Muaratais satu," ujarnya.

Dikatakan, ada 481 ekor hama tikus berhasil di tangkap mati dari areal persawahan dari kegiatan gropyokan Minggu (26/12) yang dengan menggunakan alat tradisional tersebut.

"Upaya demi upaya perburuan hama tikus terus akan kita lakukan, agar pertanaman petani di wilayah tersebut tetap bisa terjaga," kata Husni.

Selain Tapanuli Selatan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!

Terkait