Berita Tapanuli Selatan Terbaru: Petani Tangkap 600 Hama Tikus
Kelompok masyarakat Desa Sigulang Losung, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan berhasil menangkap mati 644 ekor hama tikus (Antara)

Bagikan:

MEDAN - Sebanyak 644 ekor hama tikus berhasil ditangkap mati dalam sebuah kegiatan perburuan, Selasa 8 Maret di Desa Sigulang Losung, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Perburuan mengingat petani daerah itu dalam waktu dekat hendak memasuki musim tanam padi," Ali Husni Dalimunthe, POPT-PHP Angkola Muaratais dan Batang Angkola kepada ANTARA.

Menurut dia, hama tikus di wilayah kerjanya itu cukup mengganggu areal pertanian sawah petani. Karenanya berburu hama tikus giat dilaksanakan.

Para Petani Gunakan Racun Tikus

"Perburuan kali ini dengan menggunakan bantuan racun tikus rodentisida( kelerat) dan emposan ( tiran) dari brigade Tapsel UPT BPTPH Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Medan," katanya.

Dikatakannya yang ikut dalam kegiatan gerakan pengendalian hama tikus itu KCD Batang Angkola, POPT PHP KC Batang Angkola, PPL Sigulang Losung, KWT Maju Bersama, dan Kepala Desa serta masyarakatnya Sigulang Losung.

"Ada sekitar 150 orang secara swadaya yang turut dalam perburuan hama tikus di daerah Sigulang Losung yang memiliki luas baku sawah lebih kurang 40 hektare ini," katanya.

Selain Berita Tapanuli Selatan Terbaru, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!