Universitas Sumatera Utara Menduduki Peringkat 15 Perguruan Tinggi Dunia
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin (nomor satu dari kiri) dalam acara Coffee Morning dengan wartawan. ANTARA/Munawar

Bagikan:

MEDAN - Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings, dengan menduduki peringkat ke -15 perguruan tingi di Indonesia dan peringkat 801-1000 dari 1.115 perguruan tinggi di dunia.

"USU juga berhasil menempati rangking 7 nasional dalam pemeringkatan yang dilakukan Scimago Institutions Rangking (SIR) pada akhir April 2021, dan ranking 708 secara global," kata Rektor USU Dr Muryanto Amin dalam keterangan tertulis, Senin (27/12).

Rektor menyebutkan, berdasarkan 19 subjek area penilaian yang dilakukan SIR, USU berhasil menempati peringkat 1 nasional dan peringkat 305 dunia dalam bidang Agriculture dan Bioligical Science tingkat Universitas.

Universitas Sumatera Utara Ada di Peringkat 3 Nasional

Selain itu, USU juga menempati peringkat 3 nasional dan peringkat 420 dunia dalam sektor Business.

"Sementara pada bidang lainnya yakni Biochemistry, Genetics and Molecular Biology, USU menempati posisi 4 di Indonesia dan posisi 663 di dunia.Posisi 4 di Indonesia juga diraih USU dalam bidang Environmental Science," ujarnya.

Muryanto mengatakan, USU dalam Versi QS Asia University Rangkings (QS AUR) tahun 2021 berada pada peringkat ke-19 Universitas Terbaik di Indonesia dan peringkat 501-550 dari 687 institusi pendidikan di kawasan Asia yang dinilai.

USU juga telah sukses melaksanakan berbagai kegiatan Vaksinasi COVID-19, baik untuk tenaga medis, tenaga pendidik, tenaga kependidikan maupun untuk umum.

Program Andalan Universitas Sumatera Utara

"USU juga telah meluncurkan layanan Telemedicine yang membantu masyarakat untuk mendapatkan layanan yang cepat dalama penanganan medis," katanya.

Rektor menjelaskan, USU juga telah meluncurkan fasilitas layanan Aplikasi Satu Atap (ASA), E-Office, Agenda, dan Whistle Blower System.Hal itu merupakan realisasi awal dari perwujudan One Data, Integrasi Sistem, dan Digitalisasi USU.

Selain dalam bidang administratif, digitalisasi kampus juga juga mensasar gerakan elektronik.Beberapa program berkaitan dengan ini sudah dimulai dengan membangun sistem Virtual Account (VA) dalam transaksi pembayaran, baik bagi mahasiswa maupun dosen.

"Kita berharap agar pada tahun 2022 mendatang, kinerja USU dapat semakin baik dan maksimal, serta seluruh proses perubahana menuju yang terbaik dapat bergulir semakin cepat dan tepat sasaran," demikian Rektor USU.

Selain Universitas Sumatera Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!