Magang Mahasiswa Polbangtan Medan dapat Dukungan dari Kementan
Mahasiswa Polbangtan Medan magang di salah satu perusahaan sawit (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Kementerian Pertanian mengapresiasi upaya dan komitmen Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) menjalin kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DuDi) untuk mendukung lahirnya job creator dan job seeker.

Guna meningkatkan kualitas dan mutu lulusannya, Polbangtan Medan terus melakukan terobosan baru, antara lain melalui program magang mahasiswa semester VII Program Studi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan pada PT Umada yang berlokasi di Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Menteri Pertanian Taruh Harapan Besar

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menaruh harapan besar pada generasi milenial, khususnya lulusan pendidikan vokasi Polbangtan di lingkup Kementan untuk mengembangkan minat, bakat dan potensi diri sebagai petani milenial berkompetensi dengan kualifikasi job creator dan job seeker.

"Kegiatan magang pada mitra swasta akan memacu kreativitas dan inovasi, sekaligus meningkatkan literasi tentang sektor pertanian, manajemen keuangan, orientasi pasar dan sarana prasarana digital," kata Mentan Syahrul dilansir dari Antara.

Komitmen Mentan didukung Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi yang menyebut mahasiswa Polbangtan sebagai representasi petani milenial, maka diharapkan mampu meneruskan tongkat estafet pembangunan pertanian.

"Program magang diharapkan menjawab tantangan-tantangan DuDi, serta berkontribusi untuk mendukung lahirnya petani milenial unggulan yang berkompetensi," kata Dedi.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini menambahkan, kegiatan magang pada PBS dalam upaya peningkatan kompetensi lulusan Polbangtan.

"Tujuan magang meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa guna mendukung lulusan sebagai asisten kebun yang andal, profesional dan berdaya saing,” kata Yuliana.

Tujuan lainnya adalah untuk menambah dan memperkaya wawasan dan kompetensi mahasiswa untuk persiapan ke dunia kerja sebagai upaya mencetak SDM unggul guna menjawab tantangan SDM ke depan, menjalin kerja sama dengan DuDi dalam magang mahasiswa dan mendukung perusahaan menjalankan aktivitas bisnis.

Asisten Kebun PT Umada, Didik Purnomo menilai bahwa mahasiswa Polbangtan Medan yang melaksanakan magang di PT Umada memiliki kemampuan yang baik. Bahkan Didik menyebut jika perusahaannya memiliki ketertarikan untuk merekrut salah satu mahasiswa yang sedang menjalani magang.

Hal itu disambut baik Dosen dan Kepala Jurusan Perkebunan Polbangtan Medan, Iman Arman mengharapkan kerja sama PT Umada dengan Polbangtan Medan terus terjalin dan semakin kuat, sehingga semakin banyak mahasiswa yang akan mengikuti magang di PT Umada.

"Profil lulusan Program Studi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan fokus untuk menghasilkan asisten kebun yang andal," katanya.

Dia berharap kegiatan bimbingan Tugas Akhir (TA) dilakukan terhadap delapan mahasiswa yang menjalani program magang.

Selain Magang Mahasiswa Polbangtan Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!