Kampung Pancasila di Asahan Diresmikan oleh Bupati
Bupati Asahan, H Surya didampingi Dandim 0208 meresmikan kampung Pancasila (ANTARA/HO-Kominfo)

Bagikan:

MEDAN - Bupati Asahan, H Surya meresmikan kampung Pancasila yang berada di Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat, Sumatera Utara Kamis 10 Maret.

Bupati mengatakan dengan di resmikan nya Desa Simpang Empat sebagai kampung Pancasila di harapkan semakin terpeliharanya persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat.

Bupati Berharap Desa Lain Mencontoh

Bupati Asahan juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Desa Simpang Empat yang selama ini telah menjaga kerukunan, toleransi beragama dan telah mengimplementasikan nilai-nilai terkandung dalam Pancasila.

Selain itu Bupati Asahan berharap, kepada seluruh desa yang ada di Kabupaten Asahan dapat mencontoh Desa Simpang Empat yang dapat menjaga kerukunan antar suku dan umat beragama.

"Walaupun kita berbeda bukan menjadi suatu alasan bagi kita untuk berpecah belah, tetapi jadikan perbedaan yang kita miliki ini menjadi suatu kekuatan bagi kita," ucap Bupati.

Sementara itu, Dandim 0208/Asahan Letkol Inf. Franki Susanto mengatakan latar belakang terbentuknya Kampung Pancasila adalah untuk penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kerukunan umat beragama, penerapan nilai leluhur budaya bangsa dalam kehidupan beragama yang saling menghargai dan menghormati sesama pemeluk agama walaupun berbeda - beda keyakinan.

Pemilihan Desa Simpang Empat sebagai Kampung Pancasila karena memiliki nilai toleransi agama yang tinggi, pasalnya, di desa ini terdapat beberapa penganut agama yang selalu hidup dengan damai dan rukun yakni Islam, Kristen, Khatolik dan Budha.

Kerukunan umat beragama di Kampung ini terbukti dari rumah Ibadah yang letaknya saling berdekatan meski berada dalam satu area, masyarakat di kampung ini tetap menghargai agama masing-masing.

Selain Kampung Pancasila, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!