Demo Mahasiswa, Polri Harus Utamakan Humanisme
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

MEDAN - Baru-baru ini, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan menilai Polri saat ini telah memiliki komitmen menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM).

Pemaparan tersebut ditujuan khusus ketika Polri melakukan pengamankan setiap aksi unjuk rasa, termasuk demo mahasiswa Senin 11 April ini. Selain itu, Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo juga menjunjung nilai demokrasi di Indonesia, kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin 11 April.

Dia menyambut baik instruksi Kapolri kepada seluruh jajarannya se-Indonesia untuk mengawal dan mengamankan aksi demo mahasiswa di Jakarta dan berbagai daerah dengan mengedepankan pendekatan humanis.

"Kami melihat Polri berkomitmen menjamin hak setiap warga negara untuk menyampaikan aspirasi dan memberikan ruang demokrasi," kata mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini.

Demo di bulan ramadhan diharapkan kondusif

Di sisi lain, Edi meminta demo mahasiswa yang digelar hari ini tidak anarkis dan tetap menjaga kesucian bulan Ramadan.

"Mahasiswa perlu waspada 'penumpang gelap' yang memiliki kepentingan politik dengan tujuan mengganggu situasi kamtibmas. Kami minta adik-adik mahasiswa yang juga calon intelektual agar mewaspadai mereka dalam gerakan mahasiswa yang memiliki tujuan lain," kata dosen Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo memastikan pengawalan dan pengamanan demo mahasiswa hari ini sesuai aturan dan prosedur kepolisian.

Ia mengatakan Polri menghormati kemerdekaan menyampaikan pendapat sebagai hak konstitusional setiap warga negara yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998.

"Polri berkewajiban untuk melayani dan mengamankan jalannya kegiatan tersebut," kata Dedi saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu malam.

Dedi juga berpesan kepada demo mahasiswa untuk mematuhi protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir.

Ia mengingatkan para mahasiswa yang akan menyampaikan aspirasinya untuk tetap menghormati hak masyarakat lain, di antaranya pengguna jalan.

Polda Metro Jaya juga mengerahkan 5.626 personel gabungan termasuk unsur TNI untuk menjaga keamanan saat demo mahasiswa yang akan digelar di sekitar Patung Kuda dan Monas, Jakarta Pusat.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran saat apel pengamanan jelang demo mahasiswa di Monas, Senin meminta personel untuk bertindak humanis dan persuasif, serta menaati standar operasional tugas kepolisian.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Mantan Anggota Kompolnas Sebut Polri Komitmen Jaga Ham Saat Amankan Unjuk Rasa

Selain Demo Mahasiswa, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!