Harga Minyak Goreng di Medan Rp16 Ribu, Murah atau Mahal?
Ilustrasi - Pekerja mengemas minyak goreng curah. (Dok ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Pedagang warung nasi pinggir jalan menyebutkan bahwa harga minyak goreng curah di Kota Medan, Sumatera Utara, kini masih dijual seharga Rp16.000 per kilogram/kg di pasaran di daerah ini.

"Kebetulan sudah turun menjadi Rp16.000 per kg, tapi belum sesuai standar harga eceran tertinggi (HET) di pasaran," ujar Wati (40), pedagang warung nasi di Medan, Senin.

Pemerintah menetapkan HET Rp14 Ribu

Sesuai HET, lanjut dia, berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan No.11/2022, pemerintah menetapkan HET minyak goreng curah disubsidi seharga Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram.

Ia memastikan harga minyak goreng dari bahan baku komoditas kelapa sawit ini belum pernah menyentuh harga sesuai HET yang ditetapkan pemerintah dalam enam bulan terakhir.

"Ini Rp16.000 per kg gitu lah, tapi masih ada yang jual Rp19.000 per kg di Pasar Seiskambing di bagian dalam. Sejak harga minyak goreng bergejolak, belum pernah sesuai HET," katanya.

Sebagai pedagang warung nasi, ia mengaku, sehari-hari pihaknya membutuhkan sebanyak lima kilogram minyak goreng curah untuk menggoreng ikan dan lain sebagainya.

"Itukan harga minyak goreng curah yang langganan saja. Kalau bukan langganan yang beli, tidak dapat dengan harga segitu," ungkap Wati.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Emilia Lubis, mengatakan harga minyak goreng curah di pasaran telah turun sesuai HET yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Harga tidak tinggi sekarang, karena tidak sampai Rp16.000 per kg. Tapi sudah Rp15.500 per kg di pasaran," terangnya.

Selain Harga Minyak Goreng di Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!