Penyakit Mulut dan Kuku Mewabah di Sumut, 2.400 hewan Ternak Sapi Terpapar
Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak melakukan inspeksi mendadak dengan mendatangi peternakan sapi di Desa Bukit Kubu, Besitang, Kabupaten Langkat. (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak melakukan inspeksi mendadak (sidak) dengan mendatangi peternakan sapi di Desa Bukit Kubu, Besitang, Kabupaten Langkat.

"Sudah dicek kondisi sapinya ini. Kalau memang positif terkena PMK secepatnya dilakukan karantina agar tidak menularkan dengan sapi-sapi lainnya yang masih sehat," ucap Panca, dalam keterangan tertulis, Rabu.

BACA JUGA:


Kapolda Sumut berdialog dengan pemilik sapi

Kapolda juga sempat berdialog dengan pemilik sapi ternak untuk memastikan hewan ternaknya tetap dalam kondisi sehat dijual kepada masyarakat.

"Diharapkan dengan gerak cepat antisipasi ini penularan PMK terhadap hewan ternak segera dapat diatasi," kata Kapolda Sumut itu.

Berdasarkan data yang diterima, kurang lebih ada 2.400 hewan ternak sapi terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK). Dimana 1.300 ekor di antaranya sudah dinyatakan sembuh sedangkan sisanya masih dalam proses penyembuhan.

Sidak yang dilakukan Kapolda Sumut menindaklanjuti instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dalam pencegahan penularan PMK terhadap hewan ternak terutama sapi.

Dalam inspeksi mendadak itu turut hadir Plt Bupati Langkat Syah Afandin, Kasdam I/BB, Dinas Ketahanan Pangan Pemprov Sumut Wahyudi, Dinas Peternakan Kabupaten Langkat, serta pemangku kepentingan lainnya.

Selain Penyakit Mulut dan Kuku, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!

Terkait