Halal Bihalal IKAPADA di Jakarta, Bupati Tapsel HIngga Wali Kota Padang Sidempuan Hadir
IKAPADA foto bersama usai mangulosi Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu (empat kiri) dan Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution (empat kanan)

Bagikan:

MEDAN - Tokoh-tokoh Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) Sumatera Utara di Jabodetabek berkumpul di Jakarta pada Rabu (1/6). Ada apa? ternyata dalam rangka Halal Bihalal Ikatan Keluarga Alumni Pelajar Kota Padang Sidempuan (IKAPADA).

Hadir juga di acara yang penuh rasa kekeluargaan tersebut Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu dan Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution.

Tokoh Tabagsel dimaksud, diantaranya Prof. Bomer Pasaribu, M Yusuf Siregar (Presiden Siregar Dunia), Mayjen (Purn TNI) Drs. Dahler Hasibuan, dan Drs. H. Marahasian Harahap, tokoh adat Angkola di Jabodetabek.

Halal Bihalal dihadiri oleh tokoh-tokoh IKAPADA

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Sidempuan Rusydi Nasution dan Erwin Nasution, Kadisnaker Padang Sidempuan Rizman K Harahap, dan Kakan Kesbangpol Timbul Halomoan juga datang ke acara itu.

Diinformasikan, ratusan anggota perantau IKAPADA dan asal Tabagsel berkumpul memadati lokasi acara yang kali pertama dilaksanakan secara tatap muka, setelah vakum beberapa tahun akibat wabah pandemi COVID-19.

Dalam keterangan diterima ANTARA, Kamis (2/6) di Sipirok, Ongku Parmonangan Hasibuan (OPH), Ketua Umum IKAPADA, mantan Bupati Tapsel (2005 - 2010), menyampaikan IKAPADA sebagai organisasi yang beranggotakan keluarga alumni pelajar Padang Sidempuan, harus telah memberi sumbangsih bagi kesejahteraan warga kota asal Padang Sidempuan dan anggota.

"Seperti di awal wabah COVID-19, IKAPADA telah hadir memberi sumbangan alat kesehatan kepada warga Padang Sidempuan," katanya.

Tidak itu saja, bahkan setiap bulan mengadakan Jum'at Berkah berupa pembagian sembako setiap bulan kepada warga Padang Sidempuan, Tapsel dan perantau di Jabodetabek.

"Jum'at berkah yang di gerakkan bidang sosial dan kerohanian Ibu Hj. Ummy Kalsum Siregar dan Ibu Sarintan Siregar, di bantu tim di Padang Sidempuan sangat disambut baik dan telah membantu oleh mereka yang terdampak Pandemi COVID- 19," jelas OPH.

Dalam sambutannya OPH, juga mendukung dan mendorong percepatan pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara (Sumteng) yang beberapa tahun lalu dicanangkan terhenti, akibat kebijakan moratorium Pemerintah.

"Sumteng dengan 5 wilayah dengan 4 Pemerintahan Kabupaten tambah satu Pemerintahan Kota hasil Pemekaran Kabupaten Induk Tapsel dikenal luas yang memiliki sumber daya alam sangat kaya," katanya.

Mengingat akhir-akhir ini, usul pemekaran Provinsi Sumteng kembali mengemuka dan sangat dibutuhkan, utamanya dengan menjelmanya Tabagsel ini sebagai lumbung energi nasional.

"Pemekaran Sumteng ini sangat dinantikan masyarakat, sehingga perlu diwujudkan dalam masa Pemerintahan Pak Jokowi ini," kata OPH.

Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution dalam sambutannya mengharapkan IKAPADA tetap dapat memberi sumbangsih untuk Kota Padang Sidempuan dalam berbagai sektor.

"Dan berterima kasih juga atas sumbangan dan kepedulian untuk warga Padang Sidempuan yang telah diwujudkan BPP IKAPADA di bawah kepemimpinan OPH," sebutnya.

Di kesempatan lain, Irsan merasa gembira atas munculnya beberapa tokoh IKAPADA yang akan mencalonkan diri sebagai Walikota Padang Sidempuan. Dan mengajak calon-calon tersebut untuk terjun ke masyarakat menawarkan program unggulan masing-masing.

Sementara itu, Bupati Tapanuli Selatan Dolly P.Pasaribu dalam sambutannya sangat surprise diundang menghadiri halal bihalal IKAPADA, meskipun sesungguhnya bukan alumni Padang Sidempuan.

"Kiranya IKAPADA semakin maju dan terus berkiprah untuk kemajuan Padang Sidempuan dan juga Kabupaten Tapanuli Selatan dan Tabagsel umumnya," harap Dolly.

Tidak kalah, Rusydi Nasition, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Sidempuan, berharap IKAPADA dapat membantu mahasiswa yang akan melanjutkan studi di perguruan tinggi di Jawa (ITB, IPB, UNPAD, dan lainnya) termasuk memfasilitasi kerjasama Kota Padang Sidempuan dengan beragam perguruan tinggi unggulan di Indonesia.

Di kesempatan halal bihalal kali ini Badan Pengurus Pusat (BPP) IKAPADA "mangulosi" Bupati Tapsel dan Wali Kota Padang Sidempuan, sebagai penghormatan dan rasa terima kasih atas kehadiran mereka sebagai tamu kehormatan di acara itu.

Acara halal bihalal ini dirayakan dengan Tortor Raja Raja, Tortor Inatta Soripada, juga Tortor Kreasi Naposo Nauli Bulung oleh mahasiswa mahasiswi asal Tabagsel di Jabodetabek.

Menambah ke meriahaan acara panitia halal bihalal juga mengadakan doorprize. Keluarga besar IKAPADA lebih jauh berharap acara halal bihalal seperti ini dapat berkelanjutan yang tujuannya membangun silaturahmi.

Selain Halal Bihalal IKAPADA, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!