Operasi Patuh Toba 2022 Diadakan Serempak Bersama Jajaran
AKBP Roman Smaradhana Elhaj SH SIK MH (ANTARA/HO-Humas Polres Tapsel)

Bagikan:

MEDAN - Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara AKBP Roman Smaradhana Elhaj SH SIK MH memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan "Patuh Toba 2022", di Mapolres Tapsel, Kota Padang Sidempuan, Senin (13/6).

Operasi patuh toba 2022 mengusung tema "Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa" yang di laksanakan dua pekan ke depan sejak 13 - 26 Juni 2022.

Apel pasukan ini dihadiri Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu, dan mewakili Pemkab Paluta, Pejabat Utama, Para Kasat, Para Brigadir, ASN Polres Tapsel, dan Dinas Perhubungan Pemkab Tapsel.

Tujuan Operasi Toba 2022

Kapolres dalam amanatnya mengatakan, Operasi Toba 2022 ini serempak di laksanakan Polda Sumatera Utara bersama seluruh jajaran Polres, yang tujuannya menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan serta meningkatkan kepatuhan, ketertiban dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas khususnya di wilayah hukum Polda Sumut.

"Mengingat keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Jalan Raya saat ini masih di rasakan belum optimal, pengaruh rendahnya pemahaman tingkat perundang-undangan berlalu lintas," sebut Roman.

Kondisi itu tergambar pada jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Sumut sepanjang Tahun 2022 sebanyak 2.562 kasus dan 79.281 pelanggaran lalu lintas.

Namun dalam operasi patuh toba ini ada 4 sasaran di antaranya kenderaan bermotor yang tidak laik jalan apalagi yang di gunakan untuk balap liar, lalu kendaraan yang tidak sesuai pabrikan (modifikasi), kendaraan yang menggunakan sirene/rotator/strobo bukan peruntukan, dan kendaraan bermotor tak sesuai spektek.

"Pun demikian seluruh 90 personel dari Polres Tapsel tambah lagi sejumlah personel unsur TNI, Pemkab Tapsel - Paluta menjalankan operasi di wilayah hukum Polres Tapsel (Tapsel dan Paluta-red) tetap mengedepankan edukatif, persuasif, dan humanis serta penegakan hukum secara elektronik maupun teguran, dan tetap menerapkan Protokol Kesehatan COVID-19," tegas Roman.

Selain Operasi Patuh Toba 2022, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!