BMKG: Potensi Hujan Lebat di Lereng Barat Sumatera Utara
Ilustrasi awan petir (Unsplash/Tom Strecker)

Bagikan:

MEDAN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan adanya cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai guntur di beberapa wilayah di Sumatera Utara (Sumut).

Beberapa wilayah di Sumut yang menjadi perhatian BMKG tersebut di antaranya di Lereng Barat, Pantai Barat, Pegunungan, Lereng Timur, dan Pantai Timur Sumatera Utara.

Prediksi Cuaca di Sumatera Utara oleh BMKG

BBMKG Wilayah I Medan memprediksi jika secara umum pada siang hari akan berpotensi hujan ringan di sebagian wilayah seperti Pantai Timur, Pegunungan, Lereng Timur Sumatera Utara, dan sekitarnya.

Kemudian sore hingga malam hari potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi di sejumlah wilayah di Sumatera Utara.

Sedangkan pada dini hari nanti cuaca berawan dan hujan ringan diprediksi terjadi di Pegunungan, Lereng Timur, dan Pantai Barat Sumatera Utara.

Sementara itu, suhu udara di Sumatera Utara adalah 24.0 – 32.0°C, dengan kelembapan udara 60 – 98 persen, dan angin berhembus dari Barat Daya-Timur dengan kecepatan 10–30 km/jam.

Terakhir BMKG mengeluarkan prakiraan jika akan terjadi gelombang laut di perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Meulaboh-Sinabang, Samudera Hindia barat Aceh, Perairan Nias–Sibolga, dan Samudera Hindia Barat Nias yang masuk kategori sedang dengan ketinggian 1.25-2.5 meter.

Selain peringatan cuaca di Sumatera Utara oleh BMKG, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!