Kelompok Tani Kopi Sihaporas Dapat Bantuan 350 Batang Pohon
Penyerahan bantuan bibit pohon Lamtoro PG79 kepada kelompok tani kopi Sihaporas, Kabupaten Simalungun. (FOTO ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Kelompok Tani Kopi Sihaporas, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara mendapat bantuan bibit pohon Lamtoro PG79 dari Toba Pulp Lestari (TPL).

Bantuan 350 batang pohon yang diserahkan pada 10 Juni 2022 merupakan bentuk dukungan pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar operasional perusahaan.

BACA JUGA:


Para petani diberikan penyuluhan dan pengarahan

Community Development (CD) Officer TPL Sektor Aek Nauli, Santo Marbun didampingi Thasya Sirait menjelaskan, pohon Lamtoro dapat digunakan para petani sebagai pelindung tanaman kopi dari serangan hama, seperti pengerek buah, semut dan jamur.

Serangan pengerek buah ditandai dengan membusuknya biji dalam buah kopi yang dapat menurunkan kualitas, sehingga mempengaruhi jumlah panen secara drastis.

Dalam kesempatan itu, Thasya turut memberikan arahan tentang pengolahan tanaman kopi yang baik.

Dia menambahkan, pohon Lamtoro juga merupakan salah satu sumber penghasil nitrogen yang berguna untuk tanaman dan daunnya dapat dijadikan sebagai pupuk tambahan.

Perusahaan berharap untuk ke depannya, agar para petani dapat menerapkan pengetahuan yang telah didapatkan guna meningkatkan kualitas kopi, sehingga dapat menjadi Local Champion dan contoh bagi petani lainnya.

Parsaoran, mewakili kelompok tani kopi Sihaporas menyampaikan ucapan terimakasih atas kepedulian pihak perusahaan terhadap tanaman kopi mereka.

Semua anggota kelompok tani pun diajak untuk memanfaatkan dengan maksimal setiap dukungan yang diberikan perusahaan dalam upaya peningkatan pendapatan masyarakat.

Harapan petani hubungan dengan TPL selalu terbina dengan baik serta dapat terus bekerja ke depan untuk kemajuan bersama.

Selain Kelompok Tani Kopi Sihaporas, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!

Terkait