Meninjau Stok Daging di Sumatera Utara selama Lebaran 2021
Kepala Kantor Wilayah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil I Medan Ramli Simanjuntak (tengah) sidak ke perusahaan peternakan sapi . (Foto- ANTARA)

Bagikan:

MEDAN – Selama Ramadan hingga lebaran nanti, Kepala Kantor Wilayah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil I Medan Ramli Simanjuntak meminta masyarakat tidak khawatir terhadap ketersediaan stok daging sapi dan ayam.

"Hasil sidak ke feedloter (kandang penggemukan sapi) di beberapa wilayah Sumut, KPPU memastikan ketersediaan daging sapi dan ayam potong mencukupi untuk kebutuhan Lebaran. Jadi konsumen tidak perlu khawatir, " papar Ramli dilansir dari Antara.

Masyarakat Diimbau Tidak Perlu Khawatir

Menurut Ramli, para konsumen tidak perlu khawatir soal harga karena pengusaha daging sapi dan ayam memastikan harga komoditas tersebut norma di kandang.

Kemudian berdasarkan hasil pantauan di kandang sapi milik PT Juang Jaya Abadi yang beralamat di Talun Kenas Kabupaten Deliserdang, terdapat sebanyak 1.300 ekor sapi dengan berat rata-rata 450 kg/ekor.

Selanjutnya, di kandang feedloter lainnya seperti PT Indofarm Sukses Makmur dan PT Lembu Andalas Langkat, dipastikan bahwa pasokan daging sapi mencukupi hingga Juli 2021.

Selain itu, harga daging sapi di kandang juga mash normal Rp48.000 per kg. "Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dengan pasokan daging sapi dan ayam," jelasnya.

Ramli juga menyebut jika saat ini, pasar daging sapi lokal bersaing ketat dengan daging impor.

"Persaingan semakin ketat karena permintaan masih rendah akibat pandemi CIVID-19," papar Ramli.

Normalnya harga daging, membuat KPPU mengingatkan pedagang untuk tidak berspekulasi menaikkan harga jual saat mendekati Lebaran.

"Jangan sampai pedagang terjerat dengan sanksi hukum bagi pelanggar UU No 5 Tahun 1999 tentang persaingan usaha tidak sehat," imbuhnya.

Selain stok daging di Sumatera Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!