Bocoran Pembaruan iPhone 14, Kamera Depan Punch Hole hongga Layar dapat Dilipat
Produk iPhone 14 diprediksi akan mengalami perubahan desain drastis. (foto; phone Arena)

Bagikan:

MEDAN - Meski iPhone 13 baru dirilis, namun rumor mengenai iPhone 14 gencar beredar. Menariknya seri tersebut akan meninggalkan desain edge-to-edge (bezeless).

Menurut bocoran jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, yang dikutip dari 9to5Mac, Senin, 27 September, Apple Fans bisa mengharapkan model entry-level dan Pro baru dan desain ulang yang lengkap untuk iPhone 14.

Perubahan kecil tahun ini pada iPhone 13 diharapakan jika insinyur Apple bekerja di belakang pada hal-hal yang lebih besar, dan akan membutuhkan lebih banyak waktu.

iPhone 14 Bakal Meniru Android? 

Ini bukan kali pertama rumor Apple akan memperkenalkan desain ulang lengkap untuk lini iPhone 14 muncul. Sebelumnya, analis Apple yang andal, Ming-Chi Kuo, sudah mengatakan bahwa Apple akan memulai gebrakan baru pada 2022, dimulai dengan iPhone 14 Pro kelas atas.

Kuo menggambarkan perubahan desain iPhone anyar itu sebagai punch-hole design, menurunkan takik layar sepenuhnya, dan menggunakan kamera depan berlubang seperti ponsel Android kebanyakan yang ada di pasaran saat ini.

Selain Kuo, adapula YouTuber dan leaker Jon Prosser yang menguatkan desain punch-hole. Dia mengklaim telah melihat gambar nyata dari iPhone 14 Pro Max tanpa lekukan. Model baru ini diduga akan menyerupai iPhone 4 berukuran besar dengan cincin luar titanium seperti pita, kamera belakang rata, dan sasis yang lebih tebal.

Tentang jajarannya, Apple dikabarkan membuang iPhone mini dan fokus pada iPhone 14 Max baru, sehingga jajarannya akan menampilkan iPhone biasa, model Max, dan dua versi Pro.

Apple diketahui juga sedang mengerjakan Touch ID di bawah layar. Kuo melaporkan bahwa Apple sedang mengerjakan teknologi ini tetapi belum jelas apakah itu akan siap pada waktunya untuk jajaran iPhone 2022. Kuo baru-baru ini menyatakan bahwa itu akan menjadi fitur di iPhone 2023, sementara pada 2024 Apple akhirnya akan memperkenalkan perangkat yang dapat dilipat.

Berbicara tentang iPhone yang dapat dilipat, Gurman mengatakan Apple sedang mengembangkan perangkat lipatnya sendiri yang segera bisa meluncur dalam beberapa tahun mendatang, pernyataan ini menguatkan apa yang juga dikatakan Kuo.

Meski demikian, ini baru merupakan rumor, dan masih ada kemungkinan Apple bisa membuat perubahan substansial sebelum mengunci desain untuk di produksi. Apa pun hasil akhirnya, berbagai kebocoran menunjukkan bahwa iPhone 14 bisa menjadi perombakan penting bagi perusahaan.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Tiga Analis Andal Sebut iPhone 14 Bakal Jadi Ponsel dengan Perubahan Desain Besar Apple

Selain bocoran iPhone 14, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!