Agar Data di HP Xiaomi Aman dan Tidak DIcuri Hacker, Lakukan Langkah Berikut
Ponsel Xiaomi, disinyalir sering kali menyalahgunakan data penggunanya. (foto; xiami-mi)

Bagikan:

MEDAN - Produsen smartphone dunia Xiaomi kini telah berkembang pesat dan selalu menghadirkan perangkat bernilai ekonomis yang berkualitas. Akan tetapi, perusahaan terus-menerus diawasi untuk praktik privasi dan metode pengumpulan data mereka.

Masalah pengumpulan data Xiaomi dalam beberapa tahun belakangan ini telah menjadi perhatian. Jadi bisakah Anda mempercayai mereka dengan data Anda? Apakah pengguna berisiko saat menggunakan perangkat Xiaomi?

Pada tahun 2020, Xiaomi tertangkap sedang mengumpulkan data, bahkan dalam mode penyamaran browser Mi. Ini termasuk kueri penelusuran dan URL.

XIaomi mengimbau menonaktifkan pengumpulan data dalam mode penyamaran

Xiaomi membantah klaim tersebut, tetapi para peneliti keamanan memberikan bukti yang menyoroti sisi lain dari cerita tersebut.

Untuk memperbaikinya, Xiaomi juga mendorong pembaruan yang memungkinkan pengguna menonaktifkan pengumpulan data dalam mode penyamaran. Meskipun fitur seperti itu seharusnya tidak diperlukan untuk mode penyamaran, mereka menambahkannya untuk mempertahankan teknik pengumpulan data mereka.

Mereka juga dituduh mengumpulkan data penggunaan perangkat yang berlebihan dan tidak perlu. Jadi, mengingat semua itu, Xiaomi tidak memiliki rekam jejak yang baik dengan praktik privasinya.

Kebijakan Privasi Xiaomi

Mempertimbangkan bahwa Xiaomi ingin menargetkan pasar barat lebih dari sebelumnya, mereka telah memperbarui kebijakan privasi mereka untuk memberikan kejelasan lebih lanjut. Meskipun mungkin bukan kebijakan terbaik, mereka telah meningkat pesat di sini.

Tidak hanya terbatas pada kebijakan privasinya, mereka juga telah melakukan beberapa perubahan pada skin Android (MIUI) mereka untuk memperkenalkan beberapa fitur privasi-sentris seperti:

Kemampuan untuk mencabut izin aplikasi default.

Minta perjanjian kebijakan privasi saat menggunakan salah satu aplikasi default mereka.

Kemampuan untuk memilih keluar dari semua iklan dan pemberitahuan perusahaan.

Opsi untuk menghapus metadata dari gambar di galeri sebelum membagikannya.

Perlu dicatat bahwa fitur yang ditawarkan dalam perangkat lunak MIUI mungkin berbeda di setiap negara, tetapi makeuseof menggunakan MIUI 12.5.5 versi global sebagai referensi.

Apa yang Harus Anda Lakukan jika Privasi Adalah Prioritas Anda?

Sebagai permulaan, Anda dapat melihat opsi dari Samsung, Motorola, dan Nokia. Tapi itu semua kembali ke anggaran dan persyaratan Anda saat membeli smartphone.

Perangkat Xiaomi belum membuat penyok di pasar barat, tetapi mereka menawarkan pilihan perangkat yang menarik untuk seluruh dunia.

Mulai dari perangkat kelas bawah seharga 200 dolar AS hingga beberapa handset premium, mereka memiliki sesuatu untuk semua orang.

Berbeda dengan perangkat lunak mereka (atau metode pengumpulan data), perangkat keras telah terbukti setara dengan produsen smartphone Android lainnya, bahkan mungkin lebih baik.

Jika Anda memerlukan akses ke spesifikasi yang lebih baik, di atas kertas, Anda tidak memiliki banyak pilihan. Baik itu OnePlus, Oppo, Vivo, atau pabrikan Cina lainnya, semuanya menawarkan kebijakan privasi yang serupa.

Cara Melindungi Privasi Anda di Perangkat Xiaomi

Android memberi Anda fleksibilitas untuk mengubah privasi dan keamanan perangkat Anda, apa pun smartphone yang Anda miliki.

Bahkan dengan perangkat Xiaomi, Anda dapat melindungi privasi Anda tanpa harus khawatir dengan data di ponsel cerdas Anda. Anda harus mengingat beberapa hal:

  1. Jauhi aplikasi bawaan Xiaomi.
  2. Mengawasi izin aplikasi Android.
  3. Menyisih dari pengumpulan data apa pun saat menyiapkan perangkat.

Apakah Smartphone Murah Dari Xiaomi Beda dari Yang Lain?

Belum tentu. Setiap produsen ponsel cerdas mengumpulkan penggunaan perangkat yang dianonimkan dan beberapa data penggunaan aplikasi.

Perbedaan muncul dalam hal penanganan data yang direkam, transparansi metode pengumpulan data, dan kebijakan privasi.

Jadi, bahkan jika Anda memilih ponsel cerdas dengan kebijakan privasi yang lebih baik, Anda harus selalu berhati-hati dan mencari sesuatu yang mengkhawatirkan dari pabrikan. Lagi pula, ponsel cerdas Anda menyimpan sejumlah besar data.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Cara Menggunakan Xiaomi Agar Privasi dan Data Tetap Aman

Selain Agar Data di HP Xiaomi Aman dan Tidak DIcuri Hacker, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!