Xiaomi Ternyata Menyandang Gelar HP Terlaris di Eropa
Xiaomi, kini merajai pasar ponsel di Eropa. (foto: unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Pembuat ponsel Cina, Xiaomi, terus membukukan pertumbuhan yang solid. Setelah menyalip Apple sebagai vendor ponsel nomor dua di dunia pada kuartal kedua tahun 2021, kini Xiaomi menjadi top seller di Eropa untuk pertama kalinya. Angka penjualan terbaru ini dirilis dari Strategy Analytics.

Xiaomi menyalip Samsung untuk mengambil posisi teratas di Eropa, dengan 12,7 juta ponsel dikirimkan pada Q2. Jumlah ini naik 67,1 persen tahun-ke-tahun. Pengiriman Samsung turun 7 persen pada periode yang sama menjadi 12 juta unit, meskipun perusahaan Korea itu tetap menjadi vendor telepon terbesar di dunia.

Penjualan iPhone di Eropa Kalah dengan Xiaomi

Pengiriman ponsel secara keseluruhan di Eropa meningkat pada tahun 2021 berkat pemulihan pasca-COVID-19, kata peneliti dari Strategy Analytics. Sementara Apple juga menunjukkan pertumbuhan yang layak. Pembuat iPhone ini produknya terjual di Eropa, naik 15,7 persen dibandingkan tahun 2021 berkat minat yang kuat pada iPhone 12.

Namun, fokus Xiaomi pada nilai tampaknya telah membantu memperluas daya tariknya di Eropa. “Xiaomi telah melihat kesuksesan besar di Rusia, Ukraina, Spanyol, dan Italia antara lain dan menemukan pelanggan yang menginginkan seri Mi dan Redmi dari ponsel bernilai kaya fitur,” kata Boris Metodiev, associate director di Strategy Analytics, dalam sebuah pernyataan pers.

Pertumbuhan Xiaomi juga telah dibantu oleh kematian Huawei, yang terus mengosongkan pasar Eropa setelah ponselnya kehilangan akses ke layanan Android dan Google pada 2019. Setelah melihat kesuksesannya di Eropa, Xiaomi sekarang akan mempertimbangkan invasi AS.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Xiaomi Unggul Atas Samsung sebagai HP Terlaris di Eropa

Selain HP Terlaris di Eropa, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!