Kasus Penganiayaan M. Kece di Penjara, Polri Paparkan Kelalaian Petugas
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Dalam kasus penganiayaan M. Kece, Polri memaparkan pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh tiga anggota rutan Bareskrim yang dianggap tidak mengawasi dan menjaga tahanan dengan baik.

"Jadi petugas tidak menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu, 29 September.

Tiga anggota rutan Bareskrim tidak Mengamankan M. Kece

Dari tiga anggota itu, dua di antaranya merupakan penjaga rutan Bareskrim. Mereka yakni, Bripka Wandoyo Edi dan Bripda Saep Sigit

Dalam rangkaian kasus dugaan penganiayaan, duanya tidak mengamankan para tahanan. Sehingga, aksi penganiayaan itupun terjadi.

"Wujud perbuatannya petugas jaga rutan Bripka W dan Bripda S tidak menjalankan tugas mengamankan tahanan dengan sebaik-baiknya sehingga mengakibatkan terjadinya penganiayaan terhadap saudara MK," kata Ramadhan.

Kemudian, untuk satu anggota lainnya yakni AKP Imam Suhondo yang merupakan Kepala Rutan Bareskrim. Dia dianggap melakukan pelanggaran disiplin karena tidak mengawasi kondisi di rutan sebagaimana tugas yang harus dijalankan.

"Karutan Bareskrim Polri atas nama AKP I tidak melakukan pengawasan dengan sebaik-baiknya terhadap anggota jaga tahanan sehingga mengakibatkan terjadinya penganiayaan terhadap saudara MK," ungkap Ramadhan.

Meski mereka dinyatakan lalai dalam tugas, belum ada sanksi yang diberikan. Sebab, sanksi akan diputuskan dalam sidang disiplin.

"(Sanksi) Nanti melalui sidang disiplin," singkat Ramadhan.

Sebelumnya, Polri menyatakan ada unsur kelalaian petugas rutan Bareskrim di balik rangkaian kasus dugaan penganiayaan terhadap Muhammad Kece. Setidaknya ada tiga petugas yang dianggap lalai.

"Hasil pemeriksaan Ka Rutan dan 2 petugas jaga benar ada kelalaian dalam menerapkan SOP," ujar Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Ini Kelalaian 3 Petugas Rutan Bareskrim di Balik Penganiayaan M. Kece

Selain Kasus Penganiayaan M. Kece di Penjara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!