Fitur Terbaru Snapchat Ini Khusus untuk Bocil yang Tertarik dengan Dunia Politik
Snapchat luncurkan fitrur baru yang berhadiah jutaan. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Fitur terbaru dari Snapchat ini menarik bagi Gen Z yang tertarik mencalonkan diri untuk jabatan politik.

Memang beberapa tahun terakhir, banyak aplikasi media sosial telah terlibat dalam politik, mendorong penggunanya untuk berpartisipasi dalam proses tersebut.

Sebelum Snapchat Sudah banyak Fitur Politik Sejenis

Misalnya, Facebook telah lama menyertakan opsi bagi orang-orang untuk membantu teman mereka mendaftar untuk memilih, dan Instagram dan Twitter adalah tempat umum bagi pengguna untuk memamerkan stiker "Saya Memilih" mereka.

Ini juga bukan pertama kalinya Snapchat muncul di ranah politik. Ini memulai pendaftaran pemilih pada tahun 2018 dan, pada tahun 2020, menambahkan panduan pemungutan suara dan daftar periksa. Tahun lalu, lebih dari satu juta pengguna Snapchat mendaftar untuk memilih menggunakan aplikasi tersebut. Banyak yang merupakan pemilih pemula, dan mayoritas berusia di bawah 30 tahun.

Sesuai pengumuman Snapchat, Run for Office Mini akan memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi tentang kantor politik di wilayah mereka dan mengeksplorasi masalah yang mereka minati. Aplikasi ini juga akan memberikan saran tentang kantor apa yang cocok untuk mereka. Ini termasuk "75.000 pemilihan mendatang di tingkat federal, negara bagian, dan lokal."

Di dasbor kampanye, pengguna dapat mempelajari apa yang perlu mereka lakukan untuk mendapatkan suara. Mereka juga dapat mencalonkan dan mendorong teman-teman mereka untuk mencalonkan diri yang mereka yakini akan menjadi pemimpin masa depan yang hebat.

Pengguna Snap bahkan dapat berkampanye langsung di dalam aplikasi. Snapchat juga akan menghubungkan orang ke organisasi rekrutmen kandidat, termasuk Emerge America, Run GenZ, Run for Something, dan LGBTQ Victory Institute. Organisasi-organisasi ini memberikan pelatihan untuk meluncurkan kampanye.

Untuk mengakses alat ini, geser ke bawah pada kamera di dalam aplikasi. Itu akan berada di bagian permainan dan mini atau menemukannya dengan mencari. Dalam perincian tentang cara menggunakan aplikasi, NBC News menjelaskan bahwa, begitu di dasbor, pengguna akan ditanya apakah mereka ingin memulai atau menominasikan teman.

Kemudian, pengguna akan memasukkan kode pos mereka untuk melihat lomba  di dekat mereka. Aplikasi ini juga akan meminta orang tersebut untuk memilih minat mereka, memilih dari kategori seperti ekonomi, pekerjaan, layanan sosial, imigrasi, kebijakan narkoba, dan banyak lagi.

Daftar lomba juga akan menyatakan apakah mereka berada di tingkat lokal, negara bagian, atau federal. Setelah kantor dipilih, pengguna akan diberikan rincian lebih lanjut tentang posisi tersebut, serta informasi tentang perlombaan dalam pemilihan terbaru.

Kemudian, kandidat yang akan datang akan mempelajari persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk mencalonkan diri di kantor tersebut, termasuk usia dan lokasi. Terakhir, pengguna dapat bekerja sama dengan organisasi politik mitra Snap.

Kemudian, pengguna Snapchat dapat memulai kampanye mereka. Per The Verge, Head of Policy Partnerships and Social Impact, Sofia Gross, mengatakan, “Kami berharap peluncuran mini 'Run for Office' mengubah gagasan tentang siapa yang dapat menjabat — bahwa tidak peduli siapa Anda, dari mana pun Anda berasal. , bahwa Anda dapat membuat perbedaan di komunitas lokal Anda dengan mencalonkan diri berdasarkan masalah yang paling mereka pedulikan.”

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Snapchat Luncurkan Fitur Run for Office untuk Gen Z yang Tertarik pada Dunia Politik

Selain Fitur Terbaru Snapchat, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!