Vaksin COVID-19 untuk Anak Usia 5-11 Tahun akan Segera Tersedia
Ilustrasi vaksinasi COVID-19. (Wikimedia Commons/U.S. Secretary of Defense)

Bagikan:

MEDAN - Kabar yang dinanti-nanti, vaksin untuk anak-anak berusia antara 5 dan 11 tahun kemungkinan akan tersedia pada paruh pertama November.

Pernyatakan tersebut dikemukakan langsung oleh pakar penyakit menular yang memprediksi jadwal yang dapat membuat banyak anak mendapatkan vaksinasi penuh sebelum akhir tahun.

"Jika semuanya berjalan dengan baik, dan kami mendapatkan persetujuan peraturan dan rekomendasi dari CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit), sangat mungkin jika tidak terlalu mungkin bahwa vaksin akan tersedia untuk anak-anak dari usia 5 hingga 11 tahun dalam minggu pertama atau kedua November," jelas pakar penyakit menular Anthony Fauci dalam wawancara dengan ABC's This Week, seperti melansir Reuters 25 Oktober.

Vaksin sedang Ditinjau

Pejabat Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) sedang meninjau aplikasi Pfizer/BioNTech yang meminta otorisasi vaksin 2 dosisnya, untuk anak-anak yang lebih kecil dengan panel penasihat luarnya dijadwalkan untuk mempertimbangkan pada 26 Oktober.

Untuk diketahui, FDA biasanya mengikuti saran dari panelnya tetapi tidak diharuskan untuk melakukannya.

CDC Amerika Serikat akan mempertimbangkan rekomendasi untuk vaksin pada pertemuan pada 2 November dan 3 November, membantu menginformasikan keputusan akhir oleh direkturnya.

Terpisah, Direktur CDC Rochelle Walensky, berbicara di Fox News Sunday, juga mengatakan bahwa badan tersebut ingin bertindak cepat.

"Setelah mereka (FDA) dapat meninjau semua ilmu pengetahuan dan melakukan tindakan regulasi dan CDC ajan bertemu, dan jika semua itu berjalan lancar, kami akan bertindak cepat," tuturnya.

"Kami tahu berapa banyak orang tua yang tertarik untuk memvaksinasi anak-anak mereka antara usia 5 dan 11 tahun dan kami bermaksud untuk bertindak secepat mungkin," tambahnya.

Nantinya setelah disahkan, sekitar 28 juta anak lagi di Amerika Serikat akan memenuhi syarat untuk menerima apa yang akan menjadi vaksin COVID-19 Amerika Serikat pertama untuk anak-anak yang lebih muda.

Sebelumnya, vaksin COVID-19 Pfizer/BioNTech sudah tersedia untuk mereka yang berusia 12-17 tahun, dan perusahaan masih mempelajarinya untuk anak-anak di bawah 5 tahun.

Sementara, anak-anak memiliki tingkat kematian akibat COVID-19 yang lebih rendah, banyak yang menghadapi penyakit dan gejala jangka panjang yang masih dipelajari. Banyak orang dewasa yang ragu-ragu atau menentang vaksin COVID-19, bahkan beberapa yang tidak menentang vaksin itu sendiri, diharapkan menolak memberikan suntikan kepada anak-anak mereka.

Ditanya apakah sekolah harus mengamanatkan vaksin untuk anak-anak, Walensky berkata, "Saat ini kami sedang dalam otorisasi. Kami sedang berdiskusi tentang otorisasi. Saya pikir kami perlu membuat anak-anak divaksinasi melalui otorisasi ini dan mendapatkan persetujuan sebelum kami dapat membuat keputusan. di sana."

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Kabar Gembira, Pakar Sebut Vaksin COVID-19 untuk Anak Usia 5-11 Tahun Kemungkinan Tersedia Bulan Depan

Selain Vaksin COVID-19 untuk Anak Usia 5-11 Tahun, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!