Catat! Berikut 5 Perbedaan Oven dan Microwave
Gambar Microwave (Lisa Fortios/Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Sekilas dan secara fisik, oven dan microwave terlihat sangat serupa. Namun ternyata, kedua alat ini memiliki beberapa perbedaan, seperti tujuan penggunaan, kapasitas, hingga hasil akhir masakan. Agar lebih jelas, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui perbedaan oven dan microwave.

Bagaimana Sistem Kerja Microwave

Sesuai namanya, microwave bekerja dengan menggunakan radiasi elektromagnetik dari gelombang mikro untuk memanaskan dan mematangkan berbagai makanan atau kuliner. Sedangkan pada oven, gas atau listrik digunakan sebagai sumber panas.

Pada oven konvensional, Anda akan menemukan alat pengukur suhu, sehingga Anda dapat memilih pada suhu berapa Anda ingin mematangkan masakan.

Tujuan penggunaan

Perbedaan oven dan microwave berikutnya yaitu terletak pada tujuan penggunaan kedua alat ini. Microwave berfungsi untuk memanaskan dan mematangkan makanan dalam waktu singkat, seperti memasak popcorn. Sedangkan oven berfungsi untuk memanggang atau membakar masakan, seperti membuat kue atau memanggang ayam.

Hasil masakan

Berdasarkan tujuan penggunaan oven dan microwave, diketahui bahwa oven lebih ditujukan untuk pematangan masakan, sehingga hasil dari masakan yang dimasak menggunakan oven jelas bisa matang merata dan lebih renyah.

Sementara microwave lebih ditujukan untuk memanaskan masakan dengan hasil cenderung kering, karena cara kerjanya untuk mengurangi kadar air dan menghilangkan kelembaban makanan.

Sehingga microwave kurang efektif untuk kegiatan memasak makanan yang membutuhkan kematangan lebih lama seperti daging atau kue.

Perbedaan Ukuran antara Oven dan Microwave

Umumnya, microwave cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil, maksimal 30 liter. Hal ini disesuaikan dengan fungsinya, yakni hanya sebagai penghangat makanan saja. Sedangkan oven memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari yang kecil hingga yang besar, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Ragam jenis

Secara garis besar, terdapat lima jenis oven untuk disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari oven manual atau oven kompor, oven listrik, oven gas, oven konveksi, yakni oven yang dilengkapi dengan kipas untuk membantu meratakan panas, serta oven konvensional, yakni oven yang menyatu dengan kompor.

Berbeda dengan oven, umumnya semua microwave bersumber pada listrik tanpa kompor, tidak menyatu dengan kompor atau peralatan lain, dan tidak memiliki kapasitas sebesar oven. Jenis microwave biasanya hanya berfungsi untuk memanaskan masakan.

Namun, kini terdapat jenis microwave lain yakni grill microwave yang mempunyai fungsi lain untuk memanggang makanan, dan convection microwave yang dapat meratakan suhu.

Artikel ini pernah dimuat di VOI.ID dengan judul: Sering Dikira Sama, Ini 5 Perbedaan Oven dan Microwave.

Selain perbedaan Oven dan Microwave, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!