Berambisi Bangun Koloni Manusia di Mars, Elon Musk: Bumi Makin Panas
Elon Musk sedang mempersiapkan roket yang bisa membawa manusia ke Planet Mars. (foto: twitter)

Bagikan:

MEDAN - Ambisi Elon Musk untuk mengirim manusia ke Planet Mars, dalam lima hingga 10 tahun ke depan, bukan semata-mata untuk memamerkan keahliannya. Namun, ia meramalkan bahwa Bumi akan menjadi semakin panas.

"Terlalu panas untuk kehidupan (dalam waktu sekitar 500 juta tahun), bijaksana bagi kita untuk bertindak cepat. Berjaga-jaga," tutur Musk.

Melansir The Independent, Kamis, 30 Desember, Musk menguraikan visinya untuk kehidupan di Mars yang mencakup koloni mandiri, dilengkapi dengan pertanian hidroponik bertenaga surya di bawah tanah atau di lingkungan tertutup untuk menanam makanan.

Elon Musk Melakukan Uji Coba pada Roketnya

Saat ini Musk telah mulai menguji prototipe roket Starship tetapi perusahaan masih berusaha untuk menyempurnakan desain roket dan mengurangi harga yang diproyeksikan dari perjalanan ke Mars.

"Ada biaya tertentu yang dikeluarkan per ton untuk ke permukaan Mars di mana kita mampu membangun kota mandiri, dan di atas itu kita tidak mampu melakukannya. Saat ini Anda tidak bisa terbang ke Mars dengan satu triliun dolar. Tidak ada uang yang bisa memberi Anda tiket ke Mars," ujar Musk.

Belum lama ini, SpaceX dilaporkan menghadapi masalah keuangan sehubungan dengan pengembangan mesin Raptor yang menggerakkan Starship. Musk sendiri mengakui bahwa perusahaannya telah mengalami hal tersebut.

"Kami menghadapi risiko kebangkrutan yang nyata jika kami tidak dapat mencapai tingkat penerbangan Starship setidaknya sekali setiap dua minggu tahun depan," kata Musk.

Terakhir, miliarder itu percaya bahwa terraforming, yakni meledakkan planet dengan senjata nuklir di kutubnya yang menyebabkan lapisan es mencair dan menyebabkan percepatan pemanasan, akan menjadi komponen kunci untuk hidup di planet lain.

“Hidup di kubah kaca pada awalnya. Akhirnya terraform untuk mendukung kehidupan, seperti Bumi. Terraforming akan terlalu lambat untuk menjadi relevan dalam hidup kita," jelas Musk.

"Namun, kita dapat membangun basis manusia di sana dalam hidup kita. Setidaknya peradaban luar angkasa di masa depan, menemukan reruntuhan kita akan membuat manusia terkesan sejauh itu," tambahnya.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Bumi Makin Panas Alasan Elon Musk Segera Bawa Manusia ke Mars dalam 10 Tahun ke Depan

Selain Elon Musk, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!